Tim Arjuna UGM Sabet Juara 1 Desain Mobil Listrik dalam Kompetisi Jakarta E-Prix 2022

Tim Arjuna UGM Sabet Juara 1 Desain Mobil Listrik dalam Kompetisi Jakarta E-Prix 2022

Kembali tim Universitas Gadjah Mada berhasilkan menorehka prestasi terbaiknya dimana tim Arjuna UGM sabet juara 1 desain mobil listrik dalam Kompetisi Jakarta E-Prix 2022. -Tim Arjuna EV UGM-

JAKARTA, DISWAY.ID – Kembali tim Universitas Gadjah Mada berhasilkan menorehkan prestasi gemilang, di mana tim Arjuna UGM sabet juara 1 desain mobil listrik dalam Kompetisi Jakarta E-Prix 2022.

Perlombaan yang degelar secara hybrid ini dibungkus dalam tema Sustainable Electric Vehicle Design mulai 21 April sampai dengan puncak acara bertepatan dengan diselenggarakannya ajang Formula E di Jakarta yakni 4 Juni 2022.

Keberhasilan ini tak luput dari pembelajaran dan pengalaman tim setelah berhasil menjuarai Desain Mobil dalam kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh PLN yaitu Innovation and Competition in Electricity (ICE) tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:Viral Pasangan Pria Bermesraan di Kafe Pancoran, Polisi Turun Tangan

BACA JUGA:Kawasaki Luncurkan KLX230S dan KLX230SM Bersama Motor Listrik Imut Untuk Anak-anak

Mengusung konsep desain mobil listrik ramah lingkungan bertipe SUV dengan nama ‘ARCANA’, tim Arjuna UGM berhasil menyingkirkan peserta dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia 

Ketua Departemen Mekanis Tim Arjuna EV UGM, Muhammad Raihan Hilmy, menyatakan bahwa mobil Arjuna Car for Indonesia (ARCANA) memiliki panjang keseluruhan 3.905 senti meter, lebar 185 senti meter, tinggi 1.582 senti meter, dan jarak sumbu roda 2.775 senti meter. 

“Sedangkan bobot kotornya mencapai 1.900 kilogram dengan kapasitas penyimpanan bagasi mencapai 450 liter yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna Arcana,” tambah Raihan.

Berdasarkan desain yang dirancang oleh Tim Arjuna EV UGM, Arcana memiliki tiga mode berkendara, yaitu normal mode dengan kecepatan maksimal mencapai 97,4 km/h, eco mode dengan kecepatan maksimal mencapai 76,6 km/h, dan sport mode dengan kecepatan maksimal mencapai 154,5 km/h.

BACA JUGA:Bedah Teknologi Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Bikin Irit Dengan Teknologi Smart Hybrid

BACA JUGA:Rusia Bombardir Severodonetsk, Pasukan Ukraina Terdesak: Kami Tidak Akan Menyerah!

Tak hanya itu, Arcana juga turut didukung dengan fitur Arjuna Smart Mobility (ASM) yang terdiri dari processing unit, aktuator, dan berbagai sensor lainnya. 

Sistem tersebut mampu memenuhi kelas 3 dari SAE Levels of Autonomous SAE J30613. 

Dengan demikian, sistem kendali dalam mobil mampu dijalankan dengan otomatisasi tinggi di mana kendali mengemudi akan dijalankan oleh sistem secara dinamis dengan harapan bahwa pengemudi akan merespon cepat ketika terdapat situasi emergency yang membutuhkan campur tangan manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: