Ramadan dan Idul Fitri 2022, BI Dorong Masyarakat Manfaatkan Pembayaran Nontunai

Ramadan dan Idul Fitri 2022, BI Dorong Masyarakat Manfaatkan Pembayaran Nontunai

Ramadan dan Idul Fitri BI dorong masyarakat manfaatkan pembayaran nontunai--Bank Indonesia (BI)

JAKARTA, DISWAY.ID-Bank Indonesia menyediakan uang tunai sebesar Rp 175,26 Triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Besaran uang tunai yang disiapkan diketahui naik 13,42 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Deputi Gubernur BI Aida S Budiman menjelaskan, pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri.

Diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran, sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai.

“Selain menyiapkan uang tunai, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran nontunai,” kata Aida, Senin 4 April 2022, yang dikutip dari siaran pers BI.

Aida menjelaskan, memasuki Ramadan dan Idul Fitri ini, Bank Indonesia menempuh tiga langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran nasional, terutama memfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat.

Pertama, menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia khusus periode Ramadan atau Idul Fitri.

BACA JUGA:BI Siapkan Rp 175,26 Triliun Layak Edar untuk Ramadan dan Idul Fitri 2022

Kedua, terus mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai, antara lain QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.

Ketiga, melakukan kesiapan sistem dan layanan kritikal di untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai), serta sistem pembayaran yang diselenggarakan industri.

BACA JUGA:Kemenkeu Salurkan Pembiayaan KPR Subsidi FLPP Sebesar Rp 2,25 Triliun di 2021

Untuk memenuhi kebutuhan transaksi di masyarakat menjelang Idul Fitri, layanan pembayaran melalui sistem BI-RTGS, Bank Indonesia Scripless Security Settlement System Bank Indonesia Electronic Trading Platform, dan SKNBI akan tetap beroperasi kecuali pada periode libur lebaran tanggal 2-3 Mei 2022. Sementara itu layanan BI-FAST tetap beroperasi sepanjang waktu.(*)

Sumber: