Ini Jadwal Penerbangan Ridwan Kamil dan Jenazah Eril ke Indonesia, Kemenlu: Kita Doakan Semoga Lancar

Ini Jadwal Penerbangan Ridwan Kamil dan Jenazah Eril ke Indonesia, Kemenlu: Kita Doakan Semoga Lancar

Peti jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto: @ridwankamil-Instagram--

ZURICH, DISWAY.ID -- Jadwal penerbangan atau kepulangan Ridwan Kamil dan jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah tersusun sesuai rencana, setelah melakukan pengurusan di Bern, Swiss.

Berdasarkan laporan lansung dari Swiss, pihak Kementerial Luar Negeri Indonesia (Kemenlu) mengungkap, proses kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril berlangsung baik.

Pertama, pemulasaran jenazah Eril dilakukan sesuai dengan syariat Islam, dipimpin langsung oleh ayahanda, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

BACA JUGA:Penemu Jasad Eril Kirimkan Pesan Penuh Haru ke Ridwan Kamil, Geraldine Beldi: Saya Berdoa Agar...

Ridwan Kamil sebelumnya sudah memberikan informasi terkait hal ini melaui media sosialnya. Selain itu, jenazah juga sudah disalati sebagaimana hak Eril selaku muslim.

Selanjutnya, jenazah Eril akan dipulangkan ke Indonesia pada hari ini, Sabtu 11 Juni 2022 waktu Swiss, di mana jenazah dimasukan ke dalam peti, sesuai dengan standar penerbangan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden dan Menteri Luar Negeri, maka KBRI Bern dan Menteri Luar Negeri terus membantu semaksimal mungkin dari pada saat pencarian sampai kepemulangan jenazah ke Tanah Air," buka Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.

"Ibu Menlu itu terus melakukan komunikasi dengan KBRI Bern dan tim serta mengkoordinasikan tim yang ada di Jakarta," lanjut Judha Nugraha.

BACA JUGA:DPR: IDI Lembaga Tak Tersentuh Lakukan 3 Pelanggaran Karena Tak Pihak yang Mengawasi

"Dari waktu ke waktu Ibu Menlu juga terus melakukan komunikasi dengan Bapak Gubernur Ridwan Kamil.

"Sejak almarhum ananda Eril ditemukan, pada 8 Juni 2022 lalu, langkah-langkah yang dilakukan KBRI Bern antara lain adalah penerusan keputusan pengadilan Bern untuk izin serah terima jenazah.

"Lalu kemudian melakukan pengurusan sertifikat dengan otoritas setempat, menerbitkan surat keterangan kematian yang dikeluarkan KBRI Bern, lalu melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam dan melakukan pemetian sesuai dengan standar penerbangan," tukas Judha Nugraha.

Dilaporkan juga jadwal penerbangan Ridwan Kamil dan jenazah Eril dalam satu pesawat, dan akan tiba di bandara Soekarno-Hatta pada Minggu 12 Juni 2022 sore.

BACA JUGA:Jenazah Eril Langsung Dibawa ke Bandung Via Darat Usai Tiba di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: