Daftar 12 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Daftar 12 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Indonesia menjadi negara penghasil emas terbesar di Asia Tenggara-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Penambangan emas merupakan bisnis global yang dioperasikan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. 

Pada tingkat Asia Tenggara, Indonesia adalah negara penghasil emas terbesar. Sementara di tingkat global, Tiongkok menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. 

Negeri Tirai Bambu menyumbang sekitar 11 persen dari total produksi global pada tahun 2020.

BACA JUGA:Kelas BPJS Kesehatan Bakal Dihapus, Berapa Tarif Barunya?

Berikut Daftar 12 negara penghasil emas terbesar di dunia, dikutip dari World Gold Council (WGC) dan Forbes per Juni 2021.

1. Tiongkok – 368,3 ton

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Tiongkok telah lama menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Negara ini menyumbang emas sekitar 11 persen dari total produksi secara global.

Meski mengalami penurunan dari 383 ton menjadi 368 ton dari tahun lalu, posisinya di peringkat pertama belum terkalahkan selama empat tahun berturut-turut, dikutip dari Forbes.

2. Rusia – 331,1 ton

Di posisi kedua, negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Rusia. Sebagian emas di Eropa disebut berasal dari Rusia yang terus meningkatkan produksinya sejak 2010 lalu.

Pada 2019, Rusia melampaui Australia sebagai penghasil terbesar emas kedua di dunia. Pembeli emas terbesar di negara ini adalah pemerintah, yang diketahui membeli sekitar dua pertiga dari seluruh emas yang dihasilkan secara lokal.

3. Australia – 327,8 ton

Negara penghasil emas terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Australia. Meski berada di bawah peringkat kedua, penghasilan emas di negara ini terus mengalami peningkatan selama delapan tahun berturut-turut.

Diketahui bahwa industri mineral Australia menghasilkan lebih dari setengah total ekspor dan menghasilkan sekitar delapan persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Sumber: