Apa Itu Ceramide dan Fungsinya untuk Perawatan Kulit

Apa Itu Ceramide dan Fungsinya untuk Perawatan Kulit

Ilustrasi/ Ceramide untuk perawatan kulitan--

JAKARTA, DISWAY.ID-Belakangan ini ramai produk kosmetik berbahan Ceramide. Ceramide diklaim mampu memperbaiki lapisan pelindung terluar kulit atau Skin Barrier.

Skin Barrier diperlukan untuk melindungi kulit dari sinar Ultaviolet A (UVA), Ultraviolet B (UVB), debu, polusi dan bahan kimia serta bakteri. 

Berikut ini akan diulas Ceramide dan manfaatnya untuk kulit.  Kata ceramide berasal dari bahasa Latin cera (lilin) dan amida. Ceramide adalah komponen dari vernix caseosa, zat putih seperti lilin atau keju yang ditemukan melapisi kulit bayi manusia yang baru lahir.

Menurut Ahli Biological Regulation, Gare Guardians and Master Regulators, Ceramides adalah keluarga molekul lipid lilin. Sebuah ceramide terdiri dari sphingosine dan asam lemak. Ceramides ditemukan dalam konsentrasi tinggi di dalam membran sel sel eukariotik, karena mereka adalah komponen lipid yang membentuk sphingomyelin, salah satu lipid utama dalam lipid bilayer.

Mengutip SehatQ, Ceramide adalah golongan asam lemak. Dalam kecantikan, Ceramide dicampukan dalam berbagai produk perawatan kulit

BACA JUGA:Ini Kronologi Pasien Covid-19 Terdeteksi Subvarian Baru BA.4 Saat Tiba di Bali

Manfaat ceramide pun beragam. Namun utamanya, ceramide bisa menjaga kelembapan kulit.

Sebenarnya, ceramide dapat ditemukan dalam sel-sel kulit. Bahkan, ceramide membentuk lapisan kulit paling luar atau epidermis hingga 50 persen. Inilah yang membuat ceramide memiliki peran penting dalam melindungi kulit. 

Ceramide berperan dalam perkembangan sistem saraf dan otak. Kini, golongan asam lemak ini mulai dilirik dalam industri kecantikan karena potensi manfaatnya. 

Tak hanya dalam produk skincare melalui pelembap, serum, masker, dan lainnya, ceramide juga dapat ditemukan dalam produk sampo hingga deodoran.

Apa fungsi ceramide dalam produk skincare?

Secara alami, kulit manusia memang sudah terbentuk oleh ceramide. Bersama dengan kolesterol dan asam lemak, fungsi ceramide adalah mengunci kelembapan dan melindungi lapisan kulit dari paparan faktor lingkungan. Dengan ini, kondisi kulit kering dan iritasi dapat terhindarkan. 

Fungsi ceramide adalah melembapkan kulit dan melindunginya. Kandungan ceramide yang cukup mampu menjaga kelembapan kulit

Meski kulit manusia secara alami sudah terbentuk oleh ceramide, golongan asam lemak ini cenderung dapat berkurang seiring berjalannya waktu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: