Masuk Gua Batu Hapu Cuma Rp 5.000, Nikmati Geosite Park Maratus yang Memesona

Masuk Gua Batu Hapu Cuma Rp 5.000, Nikmati Geosite Park Maratus yang Memesona

Destinasi wisata yang tak kalah hebat. Inilah Gua Batu Hapu salah satu geosite Geopark Meratus di Kalimantan Selatan masih terjaga eksistensinya hingga sekarang dengan keunikan yang memesona. -Twitter/Indocafe -Disway.id

BANJARMASIN, DISWAY.ID - Gua Batu Hapu yang merupakan salah satu geosite Geopark Meratus di Kalimantan Selatan masih terjaga eksistensinya hingga sekarang dengan keunikan yang memesona.

Memasuki mulut gua, mata langsung disuguhi dengan pemandangan takjub melihat akses masuk menyerupai gerbang raksasa yang luas dan atap berhias stalaktit yang runcing ke bawah.

Sebanyak dua pohon besar juga menyambut pengunjung saat menaiki tangga, sebelum melangkah kaki ke dalam gua. Pemandangan itu terasa megah bagi wisatawan yang ke tempat itu.

BACA JUGA:NASA ’Ngajak’ Kerja Sama ke Bulan Lewat Program Artemis, Mau? Cek Syaratnya

Eksistensi Batu Hapu masih terjaga sejak era 1970 hingga sekarang. Banyak kunjungan ke tempat itu, baik sekadar rekreasi maupun penelitian sejarah geologi.

Daya tarik pengunjung datang ke wisata Batu Hapu, salah satunya karena ada batuan karst yang berbentuk unik, yaitu stalaktit dan stalagmit.

Batuan itu terbentuk alami dengan proses yang sangat lama. Tetesan air terdengar di dalam gua yang menandakan salah satu proses pembentukan batuan tersebut sedang berlangsung.

"Tidak hanya wisatawan, ada juga para mahasiswa pencinta alam bahkan peneliti datang ke sini," ujar pemandu wisata Gua Batu Hapu, Subianto, Sabtu 11 Juni 2022.

BACA JUGA:Imbas Gelaran MotoGP 2022, Lombok Jadi Wisata Populer Indonesia setelah Bali

Selain memiliki ruang yang besar, keelokan Gua Batu Hapu tambah memesona pada saat titik ray of light (rol) mendapatkan cahaya Matahari di kisaran pukul 12.00-13.00 Wita.

Di momentum tersebut, cahaya Matahari yang masuk dari atas lubang gua, menembus kegelapan ruang hingga lantai gua.

Banyak kalangan dari Instagramable ataupun fotografer datang ke Gua Batu Hapu. Ada dua tanda pagar di Instagram yang ramai dipakai #guabatuhapu dan #goabatuhapu.

Mengunjungi tanda pagar itu mungkin bisa memberi gambaran tentang karakter unik situs geologi warisan Bumi tersebut.

BACA JUGA:Sky Bridge 721, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Setinggi 95 Meter di Czechia Resmi Buka untuk Umum

Sumber: antaranews.com