Administrasi Penduduk Jakarta Barat Mulai Digitalisasi

Administrasi Penduduk Jakarta Barat Mulai Digitalisasi

Pendataan warga rw 05 yang ingin digitalisasi dokumen-Intan Afrida Rafni/disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) lakukan digitalisasi arsip di RPTRA Serasi, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin, 13 Juni 2022.

Digitalisasi yang dilakukan berupa scan data dan dikirim melalui email warga tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan DVD untuk warga. 

Adapun berkas yang bisa di digitalisasikan yaitu KTP, Kartu Keluarga, Buku Nikah, Akta Kelahiran, Ijazah, Setifikat. 

Kegiatan yang diadakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat ini diikuti oleh warga RW 05 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya digitalisasi arsip. 

"Memberikan edukasi kepada keluarga yang ada di Kelurahan Cengkareng Barat untuk melakukan pengelolaan dan penyelamatan arsip dari bahayanya bencana alam," ujar Kepala Seksi Kearsipan Sudin Pusip Jakarta Barat, Dewi Irowati. 

Dewi mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi Layanan Arsip Keluarga ini sudah tiga kali dilakukan yang mana sebelumnya dilaksanakan di Rawa Buaya, RPTRA Ceria dan RPTRA Serasi. 

Ia juga mengatakan bahwa digitalisasi yang dilakukan selama 2022 sudah mencapai 1000 lembar, diantaranya ada ijazah, serifikat, BPKB atau BPJS. 

"Dari semua data yang diarsipkan paling banyak itu ijazah," ujar Dewi.  Ia juga mengatakan digitalisasi ini akan terus berlanjut hingga di empat kelurahan dengan menargetkan 2000 lembar sampai akhir tahun. "Besok kami akan melakukan di Rusun Flamboyan, Cengkareng Barat," imbuhnya. 

BACA JUGA: Operasi Patuh Jaya 2022 Jakarta Barat Digelar di 3 Titik

Selain dilakukan secara keliling, pihaknya juga menerima warga yang ingin digitalisasi langsung di Kantor Sudin Pusip Jakarta Barat. 

Melalui kegiatan digitalisasi arsip ini, Dewi berharap masyarakat bmempunyai kesadaran untum menjaga semua dokumen yang dimiliki dengan digitalisasi. 

"Saya berharap warga dapat segera memanfaatkan momentum ini, kerahasiaan data sangat terjamin dan tidak perlu ragu. Dengan arsip digitalisasi ini akan lebih aman," tandasnya.

Sumber: