Catat! Ini Manfaat Puasa yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Catat! Ini Manfaat Puasa yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Mulut Kering saat Puasa--Pixabay/silviarita

 

JAKARTA, DISWAY.ID – Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadan, puasa sendiri sejatinya untuk membuat orang semakin bertakwa dan beriman kepada Allah SWT.

 

 

Selain untuk bertakwa, puasa juga ternyata sangat bermanfaat bagi Kesehatan tubuh.

 

Salah satu manfaat puasa bagi Kesehatan adalah menjaga Kesehatan jantung.

BACA JUGA:KPK Terima Laporan Dugaan Korupsi Ahmad Sahroni, Jubir Ali Fikri: Akan Ditelaah Lebih Detail

 

Dikutip dari Alodokter via FIN.CO.ID, berikut adalah sejumlah manfaat puasa bagi Kesehatan yang jarang diketahui:

 

1. Menurunkan berat badan

 

Manfaat puasa yang sudah cukup banyak diketahui adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, puasa juga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

BACA JUGA:Kapten Vincent Juga Diperiksa Bareskrim Polri, Kombes Pol Chandra Sukma: Dia Pernah Buat Konten Bareng IK!

 

Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal ini bisa membuat berat badan menurun. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari risiko obesitas.

 

2. Menjaga kesehatan jantung

 

Beberapa riset menunjukkan orang yang rutin berpuasa selama sekitar 1 bulan terlihat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, kolestetrol tinggi, dan tekanan darah tinggi, dibandingkan orang yang tidak menjalani puasa.

BACA JUGA:Terungkap! Marshel Widianto Hanya Niat Bantu saat Beli Konten Dea OnlyFans: Dia Lagi Lemah

 

Ini diduga karena orang yang berpuasa bisa mengatur pola makannya dengan lebih sehat. Selama berpuasa, beberapa orang biasanya akan merubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk dengan mengurangi makanan tinggi lemak.

 

Selain itu ada juga yang mungkin rutin mengonsumsi teh. Teh diketahui mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan.Mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung flavonoid, seperti teh diyakini bisa mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), menurunkan risiko terjadinya diabetes, dan membantu melancarkan peredaran darah.

 

3. Mengurangi risiko terkena diabetes

 

Salah satu manfaat lain berpuasa adalah menurunkan risiko diabetes. Hal ini berkaitan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA:Diet di Bulan Puasa, Baik untuk Kesehatan atau Justru Bisa Jadi 'Bumerang'?

 

Tak hanya itu, ada juga riset yang menyebutkan bahwa puasa dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes pada orang yang berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: