Cerita Seru Pembuatan Toyota Kijang Innova EV Concept, Teruskan Evolusi Kijang Sebagai Lokal Model

Cerita Seru Pembuatan Toyota Kijang Innova EV Concept, Teruskan Evolusi Kijang Sebagai Lokal Model

Toyota Kijang Innova EV Concept berhasil lolos pengujian di Thailand dengan poin yang memuaskan dan harus menjalani berbagai pengembangan.-Muhamad Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID – Kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept di ajang IIMS Hybrid 2022 mengejutkan berbagai pihak.

Mobil konsep ini merupakan sebuah ide dari Toyota Astra Motor (TAM) untuk membuat sebuah lokal model model electric vehicle (EV).

“Ide tersebut berawal dari keinginan kami untuk mempersembahkan sebuah mobil EV yang berakar dari lokal di usia 50 Toyota Astra Motor di Indonesia sehingga melahirkan Project Lokal Model EV,” jelas Dimas Aska selaku Head of Media Relation TAM.

Dimas mengungkapkan pemilihan Innova untuk pembuatan Toyota Kijang Innova EV Concept bukan tanpa alasan, dimana MPV andalan dari Toyota ini merupakan sebuah evolusi dari kendaraan yang lahir dari Indonesia yaitu Toyota Kijang dan kami ingin meneruskan evolusi tersebut hinga menjadi sebuah mobil EV.

BACA JUGA:Gawat! Produksi Mobil Honda Terancam Berhenti Inden Makin Mengular, Bos HPM Sampaikan Permintaan Maaf

Meskipun demikian belum tentu nantinya Toyota Kijang Innova EV Concept ini akan diproduksi dengan model yang dipamerkan karena apa yang kami tampilkan pada IIMS merupakan sebuah mobil konsep yang harus menjalani berbagai tahapan.

Dalam pembuatan Toyota Kijang Innova EV Concept, kami melewati jalan yang panjang dimana project ini telah di mulai sejak 2020 lalu dan pada 2021 mulai pembuatan EV yang melibatkan lebih dari 100 anggota tim mulai dari teknisi, disain, dan bagain lainya.

BACA JUGA:23 Rumah di Kabupaten Bangka Rusak Diterjang Puting Beliung, BMKG: Sumsel Waspada

Pada Toyota Kijang Innova EV Concept ini kami mencoba menggunakan berbagai macam parts sehingga mampu membuat sebuah MPV EV dengan penggerak roda belakang.

Kami sadar bahwa ini tidaklah mudah, meskipun Toyota sendiri mempunyai platform EV dengan beragam parts, namun project ini tak hanya sekedar menghasilkan mobil listrik namun lebih pada bagaimana membuat sebuah EV yang berakar dari kebutuhan masyarakat serta di buat secara lokal.

Dalam perjalanan pembuatan Toyota Kijang Innova EV Concept ini kami terus mencoba mempelajari berbagai hal hingga akhirnya Innova EV ini menjalani tes yang dilakukan di Thailand pada Januari lalu.

BACA JUGA:Kemenag Butuh 192.008 PPPK untuk Formasi Guru Madrasah

Innova EV berhasil lolos di pengujian yang dilakukan dan satu-satunya mobil yang mendapatkan sertifikat berhasil namun tidak layak jalan, artinya eksperimen yang kami lakukan berhasil namun belum boleh digunakan di jalan raya.

Maih banyak yang harus kami pelajari dari Toyota Kijang Innova EV Concept ini, tentunya kami juga mendapatkan banyak pelajaran selama proses pembuatanya dan kami beruntung bahwa Toyota Motor Corporation memberikan izinnya meskipun di hari terkahir untuk memerkan EV ini di ajang IIMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait