Cara Mengatasi Bau Mulut Menurut Dokter Zaidul Akbar

Cara Mengatasi Bau Mulut Menurut Dokter Zaidul Akbar

Ilustrasi/Bau Mulut -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID, Dokter Zaidul Akbar memberi tips bagaimana agar tidak memiliki bau mulut. Melansir Channel Youtube bisikan.com, dokter Zaidul Akbar mengatakan, cara mengatasi atau menghindari bau mulut dengan tidak mengkonsumsi makanan asam dan perbanyak konsumsi buah-buahan. 

"Jangan makan makanan yang asam-asam, (makanan mengandung) tepung, minyak dan gula," katanya.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menambahkan, jika Anda kesulitan untuk menghindarinya, paling tidak diusahakan dengan mengurangi konsumsinya.

"Kalau belum bisa stop (makan-makanan di atas), minimal kurangi (dulu) konsumsinya," tambahnya.

Dokter umum itu melanjutkan, dengan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, hal ini dapat membantu Anda setidaknya mengurangi bau mulut yang Anda alami.

"(Mulailah dengan) memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran," tambahnya lagi.

Secara perlahan, lanjut dr. Zaidul akbar, masalah bau mulut akan sirna dengan berjalannya waktu.

Napas Bau Buah atau Tercium Manis

Tahukah Anda jika kondisi kesehatan seseorang, dapat diprediksi dari aroma yang dikeluarkan bau mulut atau napas seseorang.

 Salah satunya adalah penyakit gula atau juga uang dikenal dengan nama diabetes. Pada mereka dengan kondisi ini, memiliki ciri yang khas pada napas mereka.  

Menurut ahli, mereka yang menderita diabetes, mengeluarkan bau mulut yang  tercium manis atau mirip bau buah-buahan.  

Pada mereka dengan napas yang demikian, mengalami kondisi bernama ketoacidosis, salah satu bentuk komplikasi yang disebabkan diabetes,  Pada kasus lain, aroma yang demikian, bisa menjadi pertanda kondisi.

Menurut Healthline, anorexia nervosa adalah salah satu di antaranya,  Pada kasus  yang lebih serius, bau mulut yang demikian, merupakan ciri dari penyakit liver, hingga kanker pada sistem pernapasan, dalam hal ini paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: