Sudah 5 Jam Perjalanan Munuju Stasiun Luar Angkasa, 4 Astronot Sipil Kirim Pesan 'Aman'

Sudah 5 Jam Perjalanan Munuju Stasiun Luar Angkasa, 4 Astronot Sipil Kirim Pesan 'Aman'

Inilah 4 astronot sipil berangkat ke stasiun luar angkasa Sabtu 9 April 2022 dini hari. Mereka membuat sejarah dengan peluncuran Ax-1, misi swasta pertama yang diharapkan pada tahun 2024 akan dilanjutkan.-SpaceX/Axiom Space-

CAPE CANAVERAL, DISWAI.ID - Sabtu 9 April 2022 dini hari, SpaceX dan perusahaan penerbangan luar angkasa swasta Axiom Space membuat sejarah dengan peluncuran Ax-1, misi swasta pertama ke Stasiun luar angkasa Internasional. 

Ax-1 mengirim 4 ‘pelancong’ ruang angkasa pribadi dalam perjalanan 10 hari ke stasiun luar angkasa untuk melakukan sains dan mendorong penerbangan luar angkasa komersial ke depan.

"Aman, misi berjalan mulus," pesan pertama mereka usai meluncur deras dari permukaan bumi.  

BACA JUGA: Ax-1 Meluncur Pertama Kali Dikawal 4 Warga Sipil ke Stasiun Luar Angkasa, Berapa Modalnya? 

Mereka terbang dengan kapsul SpaceX Crew Dragon dan roket Falcon 9. Awaknya termasuk mantan astronot NASA Michael López-Alegría dan penumpang berbayar Larry Connor, Mark Pathy, dan Eytan Stibbe.

”Awak misi Ax-1 sekarang lima jam dalam penerbangan mereka, dan semua tampaknya berjalan lancar,” tweet pertama komandan misi Michael Lopez-Alegria. 

Axiom Space untuk peluncuran misi Ax-1 mencatat kru akan melepas pakaian luar angkasa mereka dan makan. 

Kemudian, sekitar pukul 17.00 EDT (2100 GMT), para astronot akan memasuki masa istirahat 10 jam sebelum prosedur docking dimulai Minggu 10 April 2022 WIB.

BACA JUGA: Media Sosial Shanghai Membongkar Kisah Penguncian ‘Virus China’

Para kru mungkin berbicara kepada publik hari ini sekitar pukul 14:10 EDT (1810 GMT) dan atau besok sekitar pukul 3:10 pagi EDT (0710 GMT). 

Namun ini tidak menjamin akan berjalan lancar. ”Kami akan terus memberi Anda pembaruan (informasi) misi di saat kami terbang,” jelasnya. 

Tahap kedua roket Falcon 9 telah meluncur dari kapsul Dragon, yang akan menghabiskan waktu sekitar 20 jam untuk mengejar Stasiun Luar Angkasa Internasional.

BACA JUGA: Percobaan Sukses, Air Bus A380 Berhasil Terbang dengan Bahan Bakar Minyak Goreng

Sementara SpaceX dan Axiom Space mengonfirmasi bahwa misi Ax-1 telah mencapai orbit dengan aman. Selanjutnya, kapsul Dragon akan terpisah dari roket Falcon 9 tahap kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: space nasa