Erdogan Akan Bicara dengan Putin dan Zelensky Bahas Ekspor Hasil Pertanian Ukraina

Erdogan Akan Bicara dengan Putin dan Zelensky Bahas Ekspor Hasil Pertanian Ukraina

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan-Instagram/rterdogan-Instagram/rterdogan

TURKI, DISWAY.ID-Presiden TURKI Recep Tayyip Erdogan berencana akan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky

Pembicaran itu direncanakan Erdogan untuk membahas ekspor produk pertanian dari Ukraina. 

Erdogan berencana akan melakukan pembicaraan dengan Putin dan Zelensky agar ekspor produk pertanian dari Ukraina dapat berjalan dengan aman. 

"Ada perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, dan kami tahu bahwa sebagian besar produk pertanian berasal dari negara-negara ini," katanya. 

"Pada tahap ini, kami tidak memiliki masalah dengan ini ,kami memiliki 5 juta ton gandum di gudang kami, tetapi kami ingin meningkatkan volume ini."

BACA JUGA:Erdogan Ungkap Alasan Ganti Nama Negara jadi Turkiye

“Kami akan ambil bagian dalam pekerjaan (menciptakan koridor yang aman untuk pengiriman produk pertanian) tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk negara ketiga,” lanjutnya. 

"Negosiasi sedang berlangsung. Dalam minggu mendatang kami akan berdiskusi dengan Zelensky dan Putin langkah apa yang bisa diambil," kata Erdogan mengutip Tass, Senin 13 Juni 2022.

BACA JUGA:Turki Nyatakan Produk Tutup Panci dari Indonesia Bebas Bea Masuk Anti-Dumping

Putin sebelumnya mengatakan Moskow siap untuk menjamin ekspor biji-bijian tanpa hambatan jika Ukraina membersihkan pelabuhan tambangnya sendiri, dan bahwa ia dapat mengatur ekspor melalui pelabuhan yang dikendalikan oleh pihak Rusia: Berdyansk dan Mariupol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: