Besok Reshuffle Kabinet? Ini Penjelasan Pramono Anung, Angin Segara untuk PAN

Besok Reshuffle Kabinet? Ini Penjelasan Pramono Anung, Angin Segara untuk PAN

Presiden Jokowi berbincang dengan Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Selasa 14 Juni 2022 di Istana Negara.-Setpres/Muchlis Jr-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju bergulir di Istana Negara. Tarik menarik siapa yang akan diganti dan siapa penggantinya terus memunculkan sejumlah spekulasi.

Kabar yang berkembang, sejumlah elite politik memperkirakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet besok, Rabu 15 Juni 2022. Benarkan rumor tersebut.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun menanggapi dingin terkait isu yang kian santer baunya itu. Apalagi kabar yang muncul, Presiden Joko Widodo sudah punya jagoan untuk merombak yang ada saat ini. Benarkah demikian?

”Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden. Itu hak prerogatif Presiden mau ganti kapan saja ya terserah Presiden,” tandas jawab Pramono Anung di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

BACA JUGA:Jokowi: Malam-malam Saya Ditelpon Salah Satu Perdana Menteri Minta Minyak Goreng, Pertanda Krisis?  

Presiden terang Pramono sudah 8 tahun di pemerintahan. Jadi sanga paham kapan waktu yang tepat proses reshuffle itu dilakukan.

Partai yang disebut-sebut berpeluang kuat masuk kabinet adalah Partai Amanat Nasional, karena partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu, pada Agustus 2021 silam diajak dalam pertemuan partai koalisi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Saat itu PAN bahkan diperkenalkan dalam pertemuan sebagai sahabat baru koalisi. ”Ya pokoknya itu kewenangan sepenuhnya Presiden, maunya kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa. Itu Presiden yang tahu karena pemerintahan ini kan masih 2 tahun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu Presiden yang memutuskan,” papar Pramono.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyampaikan PAN akan tetap mengawal Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sampai akhir masa kepemimpinan mereka tanpa terpengaruh isu reshuffle atau perombakan kabinet.

BACA JUGA:Mesra, Dapat Laporan Hubungannya Renggang dengan Presiden Jokowi, Megawati Hanya Tersenyum

“Hal yang terjadi selama ini bersifat spekulasi. Pelaksanaan reshuffle apakah jadi atau tidak, dilakukan pada tanggal sekian, yang masuk dari PAN siapa-siapa, kita tidak tahu. Tetapi sebagaimana yang sudah disampaikan, kami berkomitmen mengawal Pemerintahan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin sampai tahun 2024,” jelas Eddy kepada wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.


Demikian disampaikan Presiden dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 14 Juni 2022.-Setpres/Muchlis Jr-Disway.id

Dengan demikian, lanjut dia, PAN siap untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang program-program pemerintah sampai tahun 2024. Sejauh ini, Eddy mengatakan PAN belum memiliki agenda untuk membahas mengenai perombakan kabinet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: