Ini 3 Pola Makan Bumil Selama Menjalani Ibadah Puasa

Ini 3 Pola Makan Bumil Selama Menjalani Ibadah Puasa

Ilustrasi/Bumil -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-Bagi para ibu hamil (bumil), disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika hendak berpuasa ramadan. 

Sebab, pola makan dan minum Bumil saat berpuasa berbeda dengan mereka yang tidak hamil. 

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Benny Johan, SpOG menjelaskan pola makan bumil selama berpuasa.

Saat Berbuka Puasa

Mulailah dengan makanan atau minuman ringan terlebih dahulu. Misalnya bubur kacang hijau atau kurma serta makanan kaya serat lainnya. Kolak pun harus dibatasi porsinya, hanya mencicipi boleh.

30 Menit Setelah Buka Puasa

Dapat memulai dengan camilan dan memperbanyak protein, itu penting. Santap makanan lauk pauk dengan gizi seimbang dan tak lupa sayurnya. Tetap dengan porsi kecil.

Dapat mengonsumsi camilan sehat. Misalnya buah-buahan atau kacang-kacangan hingga yogurt.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis, misalnya camilan seperti coklat dan kue yang terlalu manis. Lalu hindari pula makanan yang terlalu asin mengandung garam. Dan hindari teh dan kopi yang mengandung kafein.

Mengutip Jawa Pos, Senin 11 April 2022, dr. Benny Johan, SpOG menjelaskan selain harus menjaga kebutuhan cairan agar tak mengalami dehidrasi, bumil juga wajib mempertimbangkan setiap menu selama Ramadan agar selalu berpedoman pada nutrisi gizi seimbang. 

Dan satu hal yang penting, kata dia, adalah bumil wajib memenuhi kebutuhan serat serta menghindari makanan dan minuman yang manis dengan kalori tinggi.

“Hindari makanan dan minuman manis yang terlalu manis. Sehingga gula darah bumil tetap terjaga dan berat badan tetap ideal,” kata dr. Benny dalam wawancara Live Instagram baru-baru ini bersama dr. Ameetha Drupadi.

Satu hal yang pasti, kata dia, bumil harus memulai berbuka puasa dengan porsi kecil tetapi sering. Dan selalu mengutamakan serat.

Sumber: