Bolehkah Banyak Makan Telur? Simak Penjelasan Ahli Berikut Ini

Bolehkah Banyak Makan Telur? Simak Penjelasan Ahli Berikut Ini

Ilustrasi/ Bolehkan makan telur terlalu banyak-Pixabay-

DISWAY.ID-Telur kaya akan protein yang sehat bagi tubuh, namun sebagian orang percaya makan Telur dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam darah. 

Dilansir dari Body And Soul, Minggu 10 April 2022, Ahli Diet dari Sydney, Australia, Melissa Meier menjawab berapa banyak batasan makan telur yang dapat Anda makan per minggu. 

Bolehkah Terlalu Banyak Makan Telur?

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol. Akan tetapi menurutnya jauh lebih penting dalam menjaga kadar kolesterol darah dengan cara meminimalkan asupan lemak jenuh. Apa saja? Yakni makanan seperti mentega, daging berlemak dan makanan yang digoreng.

“Dengan pemikiran ini, jika Anda sehat, tidak perlu membatasi konsumsi telur Anda dalam konteks diet yang sehat, seimbang, dan bervariasi,” katanya.

Jika Punya Penyakit Komorbid, Batasilah!

Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung atau kolesterol tinggi, Anda harus membatasi asupan telur dan kurangi minyak dalam penggorengan.

Ada beberapa cara memasak untuk membuat telur menjadi lebih sehat. Misalnya dibuat orak-arik untuk sarapan (dibuat dengan sedikit susu, tanpa mentega atau krim), disajikan dengan roti gandum dan sayuran tumis.

Lalu gunakan minyak zaitun untuk menggoreng dan disajikan dengan roti gandum utuh. Atau bisa pula merebus telur untuk makan siang dengan roti gandum utuh dan alpukat.

Atau cara lain, rebus kemudian haluskan dengan paprika dan sedikit mayo dalam sandwich yang dibuat dengan roti gandum dan selada. 

Dan bisa sebagai omelet dalam nasi goreng dengan brokoli, wortel, dan jagung. Maka jangan salahkan telur, tetapi lakukanlah pola hidup sehat dengan cara lainnya.

BACA JUGA: Cegah Dehidrasi saat Berpuasa dengan Cara Berikut

Konsumsi Telur bagi Orang Dewasa

Melansir Jawa Pos, Minggu 10 April 2022, Melissa Meier juga menjelaskan telur mengandung semua asam amino esensial, yang menjadikannya protein berkualitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: