214 Sapi Kurban Asal Sumbawa Tiba di Bangka Belitung Langsung Diperiksa Satgas PMK

214 Sapi Kurban Asal Sumbawa Tiba di Bangka Belitung Langsung Diperiksa Satgas PMK

Peternak di asal Pasuruan, obati sapi PMK dengan obat demam dan sakit kepala dari warung karena tak memenuhi syarat untuk divaksin.-ilustrasi-

BANGKABELITUNG, DISWAY.ID-214 Sapi kurban asal Sumbawa Nusa Tenggara Barat tiba di Bangka Belitung. Sapi kiriman Sumbawa itu telah tiba di Pelabuhan Tanjung Pandan (NTB).  Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung Suparman menyebutkan, jumlahnya mencapai 214 ekor, didatangkan untuk memenuhi kebutuhan kurban saat Idul Adha 1443 Hijriah.

"Sapi kurban tersebut didatangkan guna memenuhi kekurangan kebutuhan hewan kurban di Belitung," katanya, Rabu 15 Juni 2022. 

Setiba di Pelabuhan Tanjung Pandan hewan kurban tersebut langsung dibawa menuju kandang untuk menjalani pemeriksaan kesehatan guna mengantisipasi PMK.

Pemeriksaan kesehatan tersebut juga penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sapi usai menempuh perjalanan laut yang jauh dari daerah asal pengiriman. 

BACA JUGA:Catat! Hewan Terjangkit PMK Sah Dikurbankan, Simak Penjelasan MUI

"Kami bersama rekan-rekan dari Balai Karantina Hewan langsung memeriksa kondisi kesehatan hewan setelah menempuh perjalanan jauh melalui jalur laut khawatir ada yang sakit dan lain sebagainya" ujar dia.

Suparman menambahkan, sebelum disebar kepada pemiliknya, sapi tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim Satgas PMK.

"Hasil pemeriksaan awal di pelabuhan dengan melibatkan petugas Balai Karantina Hewan setempat, kami nyatakan kondisi dalam keadaan sehat," katanya. 

Dia menjelaskan, sapi tersebut juga telah menjalani karantina selama 14 hari sebelum dikirim ke daerah tujuan.  "Hal tersebut telah sesuai prosedur pengiriman dan mendapatkan surat rekomendasi serta mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari daerah asal," ujarnya. (ant/ket/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: