Waspada! Menkes Prediksi Puncak Kasus Covid-19 BA.4 dan BA.5 Bisa Tembus 20 Ribu Per Hari

Waspada! Menkes Prediksi Puncak Kasus Covid-19 BA.4 dan BA.5 Bisa Tembus 20 Ribu Per Hari

Menkes Budi Gunawan Sadikin memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/5/2022). Foto: Humas Setkab / Agung--

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin ungkap prediksi kenaikan kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia.

Menkes mengungkapkan Covid-19 akan kembali naik menyentuh angka puluhan ribu dalam satu hari. Hal itu diungkapkan Menkes di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Kira-kira nanti ya estimasi berdasarkan data di Afrika Selatan, mungkin puncaknya kita di 20.000 per hari," ujar Menkes Budi, Kamis 16 Juni 2022.

Budi menjelaskan, pihak Kemenkes telah mengkaji pola penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

BACA JUGA:250 Pelanggar Lalu Lintas Dapat Teguran dalam Operasi Patuh Jaya di Jakarta Barat

Lonjakan kasus akibat BA.4 dan BA.5 hanya sepertiga dari puncak varian Delta dan Omicron yang mencapai 60.000 per hari.

"Kami mempelajari polanya BA.4, BA.5 di negara lain seperti apa. Jadi, kita amati di Afrika Selatan sebagai negara pertama yang BA.4, BA.5 masuk, puncaknya itu sepertiga dari puncaknya Omicron atau Delta sebelumnya," ungkapnya.

Kendati ada lonjakan kasus Covid-19, lanjut Budi, tingkat fatalitas atau kematian akibat BA.4 dan BA.5 jauh lebih rendah dibandingkan varian Delta dan Omicron.

BACA JUGA:Suzuki All New Ertiga Hybrid Jadi Buruan Konsumen, Terungkap Begini Keunggulannya

"Yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality ratenya atau kematiannya itu jauh lebih rendah mungkin 1/12 atau 1/10 dari Delta dan Omicron. Jadi, kita percaya bahwa nanti akan ada kenaikan kira-kira maksimalnya mungkin 20.000 per hari gitu," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi memprediksi puncak gelombang BA.4 dan BA.5 diprediksi akan terjadi pada minggu ketiga di bulan Juli 2022. Namun, Dia meyakini kasus Covid-19 di Indonesia akan kembali menurun.

"(Puncak) 1 bulan sesudah (kasus) diidentifikasi. Jadi sekitar minggu ketiga, minggu ke-4 Juli dan kemudian nanti akan turun kembali," tukasnya.

BACA JUGA:Mendag Zulkifli Hasan: Terasa Sekali Beban Hidup Itu Meningkat

Kemenkes menyatakan, bahwa gejala subvarian Covid-19 BA.4 dan BA.5 lebih ringan dibanding varian Omicron maupun Delta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: