Nabi Muhammad SAW Dihina, Ini Sikap Tegas Menlu RI saat Bertemu Menlu India

Nabi Muhammad SAW Dihina, Ini Sikap Tegas Menlu RI saat Bertemu Menlu India

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi Foto: Setpres--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas isu penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW yang dilontarkan oleh politikus India ketika bertemu Menlu India S Jaishankar.

“Saya sampaikan secara khusus kepada Menlu India mengenai keprihatinan dan kecaman terhadap pernyataan dua politikus Partai BJP (Bharatiya Janata) yang menghina Nabi Muhammad,” kata Menlu RI Retno kepada media di New Delhi, Jumat 17 Juni 2022 seperti dilansir Antara.

Terkait isu ini, Menlu Retno menegaskan kembali pentingnya terus dikembangkan budaya toleransi dan saling menghormati.

BACA JUGA:Fabio Quartararo Kedua, Francesco Bagnaia Tercepat di Babak Kualifikasi MotoGP Jerman 2022

“Hanya dengan saling menghormati perbedaan, termasuk perbedaan agama, maka persahabatan dan kerja sama dapat terus diperkuat,” tutur dia. 

Sebagai tanggapan, kata Retno, Menlu India menjelaskan secara lebih mendetail sikap yang diambil oleh BJP menanggapi isu tersebut yakni bahwa BJP menghormati semua agama, BJP menolak dengan keras penghinaan terhadap agama, dan BJP menentang dengan keras ideologi yang menghina atau merendahkan agama tertentu.

Menlu India, kata dia mengatakan bahwa pernyataan kedua politikus tersebut tidak mencerminkan posisi partai BJP dan sama sekali tidak mencerminkan posisi pemerintah.

“Menlu India menjelaskan bahwa dua politikus tersebut telah diberhentikan dari jabatannya dan telah dinonaktifkan dari partai,” ujar Retno.

BACA JUGA:Jago Main Game FIFA, Mesut Ozil Bakal Jadi Gamer Profesional Pasca Pensiun?

Masih menyikapi isu yang sama, kedua negara sepakat untuk melanjutkan kembali program Indonesia-India Interfaith Dialogue (IIID) yang pernah diselenggarakan pada 2018.

Sebelumnya, dua politikus partai BJP yaitu Nupur Sharma dan Naveen Jindal dilaporkan mengeluarkan pernyataan yang menghina Nabi Muhammad, masing-masing dalam siaran televisi dan media sosial.

Akibat kejadian itu, Sharma diskors dari posisinya sebagai juru bicara partai sedangkan Jindal diberhentikan dari partai.

BACA JUGA:Istri Iko Uwais, Audy Item Bakal Ikut Diperiksa Polisi Hari Senin

Berita Ini Juga Tayang di Jambi Independent dengan Judul: Bertemu Menlu India Bahas Kerjasama, Menlu RI Retno Marsudi Bahas Kasus Penghinaan Nabi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: