Kemenangan di GLBA Tak Sebanding dengan 2 Nyawa

Kemenangan di GLBA Tak Sebanding dengan 2 Nyawa

Dua Bobotoh Meninggal Dunia saat Hendak Nonton Persib di GBLA-@officialvpc-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Meninggalnya 2 suporter saat laga Persib Bandung kontra Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung menjadi catatan kelam penyelenggaraan Piala Presiden 2022.


Umuh Muchtar, komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) dan Teddy Tjahjono, Direktur PT PBB melayat ke rumah duka bobotoh yang meninggal dunia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Foto: Persib-- 

Jangan sampai peristiwa di GBLA Bandung terulang kembali di Stadion Manahan Solo, Malang, dan Samarinda tempat berlangsungnya even sepakbola bergengsi itu. Animo masyarakat yang luar biasa membludak harus ditata, dan ini tugas dari pihak penyelenggara maupun keamanan.

BACA JUGA:Selidiki Insiden 2 Bobotoh Persib Tewas, Polisi Sigap Lakukan Ini di GBLA 

Adapun 2 suporter yang meninggal itu adalah Bobotoh bernama Ahmad Solihin asal Cibaduyut dan Sopiana Yusup anggota Viking asal Bogor.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mendalami kejadian itu,” terang Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, usai Rapat Koordinasi APG XI di Solo, Minggu 19 Juni 2022 malam.

Politisi Partai Golkar itu menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban saat pertandingan Persib melawan Persebaya pada Jumat 17 Juni lalu.

BACA JUGA:Polda Jabar Evaluasi Insiden 2 Bobotoh Meninggal, Termasuk Kapasitas Penonton GBLA?

Kapasitas Stadion GBLA sekitar 15.000 penonton. Begitu tingginya fanatisme kedua kesebelasan, menyebabkan daya tampung GBLA tidak mampu menampung jumlah penonton yang membludak.  

“Jangan menyimpulkan dulu sesuatu yang belum didapat kebenaraannya. Tunggu saja. PSSI dan LIB serta panitia penyelenggara di daerah mengambil langkah preventif, salah satunya berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” jelasnya. 

Piala Presiden 2022 dipastikan tetap berjalan dan Kemenpora meminta Standard Operating Procedure lebih diperketak lagi, tidak hanya di Bandung, tetapi juga tiga tempat lainnya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Sampaikan Rasa Duka Cita untuk 2 Bobotoh yang Meninggal di GBLA

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator turnamen Piala Presiden 2022 menyebut Persib Bandung terancam menjalani laga tanpa penonton akibat kejadian dua suporter tewas.


Pelatih Persib Bandung Robert Alberts (kanan) bersama Bek Persib Bandung Ahmad Jufrianto di Stadion GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022). --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: