Siap-siap! Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka 4 Juli, Simak Persyaratannya

Siap-siap! Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka 4 Juli, Simak Persyaratannya

Ilustrasi Beasiswa LPDP -ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap dua dibuka pada 4 Juli-5 Agustus 2022. 

Senior Analyst and PR Strategist LPDP, Berliana Abidah, mengatakan pendaftar akan menghadapi tiga tes atau seleksi untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

Seleksi pertama ialah administrasi. Pada tahap ini pendaftar diharuskan membuat akun pada situs pendaftaran beasiswa LPDP. 

BACA JUGA:Pendaftaran PPDB Yogyakarta Resmi Dibuka, Simak Cara Ajukan Akun dan Aktivasinya

Setelah membuat akun, pendaftar dapat membaca booklet panduan sesuai jenis program beasiswa yang ingin didaftar.

"Masing-masing program yang ditawarkan beasiswa LPDP memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Jadi, kelengkapan dokumen itu perlu diperhatikan seperti surat rekomendasi dan sertifikat kemampuan bahasa," papar Berliana dalam siaran Instagram @beasiswaosc, dikutip Selasa, 21 Juni 2022. 

Setelah itu, pendaftar harus mengunggah semua dokumen pada laman pendaftaran online.  

Sebelum klik submit, pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah sesuai dengan ketentuan jenis beasiswa LPDP yang didaftar.

Kemudian, peserta akan menghadapi tes skolastik. Tes ini akan mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi serta mengetahui minat dan bakat pendaftar. 

"Nanti akan dilihat apakah bidang yang dipilih calon pendaftar sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan apakah calon peserta mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik nantinya," terangnya. 

"Tes ini ada soal-soal penalaran verbal, penalaran numerik, dan pemecahan masalah," sambungnya.

Terakhir, seleksi substansi. Pada tahap ini umumnya berkas pendaftar akan diverifikasi, peserta juga diminta untuk menulis esai, uji leaderless group discussion (LGD), dan wawancara.

BACA JUGA:Simak! Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Juni 2022, Berikut Persyaratannya

Pada tahap essay on the spot dan LGD, pendaftar akan diberikan gambaran mengenai suatu isu kemudian diminta menyampaikan pandangan mengenai isu tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: