Setu Tujuh Muara Bojongsari, Lokasi Ngabuburit Favorit Warga Sekitar, Terus Bebenah Demi Kenyaman Pengunjung

Setu Tujuh Muara Bojongsari, Lokasi Ngabuburit Favorit Warga Sekitar, Terus Bebenah Demi Kenyaman Pengunjung

fasilitas wisata air di Setu Tujuh Muara, Bojongsari-- Foto Muhamad Ichsan - -

DEPOK, DISWAY.ID – Pada bulan suci Ramadan tahun ini kawasan Setu Tujuh Muara di Bojongsari, Depok, menjadi salah satu pilihan lokasi ngabuburit bagi warga di sekitar Bojongsari dan Sawangan.

Dari pantauan tim Disway.id, lokasi setu terlihat mulai tertata rapih, mulai dari bersihnya tambak-tambak liar, adanya jogging track, juga beberapa tempat kuliner.

Menurut salah satu warga yang ditemui, area Setu Tujuh Muara ini memang sudah semakin baik setelah adanya normalisasi dari pihak Pemerintah Daerah dalam membersihkan gulma (tumbuhan liar) dan sendimen lumpur.

“Setu Tujuh Muara ini sudah lebih bagus, tinggal perawatannya saja, seperti jogging track dibagian ujung sudah rusak, dan wisata airnya dikelola lagi dan pusat kulinerya diperbanyak lagi,” ujar Arif Sulaeman, warga Bojongsari kepada Disway.id, Rabu 13 April 2022.

BACA JUGA: 30 Mobil Listrik Honda Bakalan Banjiri Pasar Otomotif Dunia, Bangun Pabrik di Tiongkok dan Amerika Utaru

“Bulan Puasa Ramadan, kalau sore warga banyaknya nongkrong di pinggir setu sambil ngabuburit. Tapi kalau mancing di sini ikannya banyak, hampir setiap hari ada saja yang mancing, mulai dari malam, pagi, siang sampai sore,” jelas Arif yang kebetulan juga sedang memancing.

Sementara itu dilokasi yang sama, menurut Maryono yang dipercaya sebagai Juru Kunci Setu Tujuh Muara ini, salah satu setu terbesar di kota Depok ini memang memiliki 7 muara aliran sungai dari Bogor.


Lokasi Setu Tujuh Muara di Bojongsari, Depok, Jawa Barat-- Foto Muhamad Ichsan - -

“Luas setu ini 27,5 hektar, kedalaman rata-rata 5 meter, dan saya harap danau ini bisa bermanfaat bagi warga sekitar untuk dijadikan tempat wisata. Jika bisa berkontribusi bagi masyarakat, secara gak langsung mereka bisa lebih cinta lagi terhadap lingkungan di Setu, menjaganya, mulai dari kebersihannya dan keberadaannya,” terang Maryono.

“Saya kira dari Pemda sudah memperketat tidak boleh lagi ada bangunan liar di sekitar setu, seperti bangunan tambak liar mulai dibersihkan. Sayangnya jalan di sini masih terputus oleh sekat-sekat pengembang. Jadi ada yang gak bisa dilalui oleh masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Armada Band Bersama Dompet Dhuafa Berbagai Dengan Warga Sekitar Setu Tujuh Muara, Gelar Konser Nunggu Bedug

Maryono juga menjelaskan, saat ini Setu Tujuh Muara di Bojongsari ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Masyarakat dibawah naungan Disporyata Depok dan berharap Pemda setempat mulai serius dalam membangun setu tersebut.

“Harapan kedepan mungkin PR pemerintah bagaimana danau ini bisa dinikmati seluruhnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

 

Sumber: