Cara Mengolah Bawang Merah dan Biji Rami untuk Turunkan Kadar Kolestrol

Cara Mengolah Bawang Merah dan Biji Rami untuk Turunkan Kadar Kolestrol

Ilustrasi. Bawang Merah untuk menurunkan kadar kolestrol--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-Kolestrol tinggi seringkali terjadi akibat stres. Cara mengobatinya bisa dengan mengonsumsi obat tradisional atau obat penurun kadar Kolestrol.

Berikut ini adalah ramuan tradisional untuk menurunkan kadar kolestrol berbahan Bawang Merah dan Biji Rami

1. Bawang Merah

Menurunkan kadar kolestrol dengan bahan alami Bawang Merah adalah dengan cara dikukus atau diremas. Jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi. Bawang merah Bawang mengandung konstituen yang disebut quercetin yang dikenal sebagai antioksidan kuat. 

Ini berarti bisa mencegah efek merusak dari radikal bebas pada jaringan manusia. Para peneliti telah menghubungkan quercetin bawang dengan peningkatan kadar kolesterol HDL serta rendahnya kadar kolesterol LDL. 

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda, konsumsi bawang merah mentah dalam bentuk salad. Anda juga bisa membuat jus bawang merah dengan mengukus dan meremas.

BACA JUGA:8 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Diklaim Turunkan Kolestrol

2. Biji rami 

Biji rami adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 yang memiliki tindakan protektif pada kesehatan jantung. Seperti fenugreek, biji ini juga mengandung banyak serat dan ini mengikat kolesterol, mencegah penyerapannya.

Penggunaan biji rami secara teratur dikatakan bisa mencegah pengerasan arteri karena pengendapan kolesterol, juga membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan hipertensi. Biji rami juga memiliki efek meningkatkan konsentrasi apolipoprotein A1 yang membentuk kolesterol HDL

Cara menggunakannya: Giling biji rami dan tambahkan bubuk ke dalam makanan Anda menjelang akhir proses memasak. Meskipun tidak akan rusak oleh panas, serat yang ada dalam biji rami bisa menyerap cairan dan menyebabkan kuah mengental jika ditambahkan di awal proses memasak.(fny/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: