Gibran Berpotensi Maju Pilgub DKI Jakarta 2024 setelah Pertemuan Hambalang

Gibran Berpotensi Maju Pilgub DKI Jakarta 2024 setelah Pertemuan Hambalang

Gibran Rakabuming Raka -Foto Dok. Gibran/Ilustrasi: Syaiful Amri/Disway.id -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Gibran Rakabuming Raka berpotensi maju dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Potensi ini muncul setelah Gibran sowan ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang. Bahkan Gibran sendiri mengaku salah satu bahasan terkait di Pilgub 2024.

Gayung bersambut. Sejumlah kader pun mendorong Gibar maju dalam Pilgub DKI Jakarta meski Gibran tidak berasal dari ibu kota. Ini yang diutarakan Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo. 

Peluang putra sulung Presiden Joko Widodo memang besar. Namun harus menyelesaikan pengabdiannya sebagai wali kota Solo. Jika langkah itu mulus, maka tangga berikutnya sudah menanti untuk Gibran. 

BACA JUGA:Spanduk Puan Maharani-Gibran Ramai di Solo, Ini Pasangan Capres-Cawapres? Anak Jokowi Jawab Begini

Tentu saja, kata Hadi Rudyatmo, dibantu kerja keras dari seluruh petugas partai, kader dan simpatisan masyarakat Jakarta. 

“Semua kalau kerja keras tingkat kemenangannya ada. Seperti Pak Jokowi dulu lawannya incumbent (petahana) karena banyak (warga DKI) yang dari Solo Raya, banyak yang dari Jateng. Namun tetap tergantung Ketua Umum (PDIP) merekomendasikan Mas Gibran di mana,” tutur mantan Wali Kota Surakarta itu.

Apa alasan Hadi Rudyatmo mendorong Gibran maju dalam Pilgub Jakarta? Tidak lain karena peluang yang ada cukup besar. Ini melihat dari kemajemukan warga Ibu Kota.

“Kalau bertarung secara umum lebih enak di DKI Jakarta dibandingkan Jateng. Resistensinya lebih besar di Jawa Tengah karena yang kepengin banyak, kecuali saya. Di sana (Jakarta) kan masanya majemuk, hanya sekian DPC. Kalau di sini (Jawa Tengah) ada 35 DPC,” paparnya, Selasa 22 Juni 2022.

BACA JUGA:Mengaku Sibuk, Ini Reaksi Jokowi saat Ditanya Kinerja Gibran: Tanya ke Pak Wali Kota

Meski demikian, Hadi Rudyatmo memastikan bahwa Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Surakarta akan mengikuti arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait wacana dan dipertimbangkannya Gibran Rakabuming Raka untuk mengikuti pemilihan gubernur.

“Kalau Ketua Umum PDIP menyampaikan seperti itu, artinya beliau melihat Mas Gibran ini sosok yang punya kompetensi,” kata FX Hadi Rudyatmo.

Ditambahkannya, jika ada kader yang dianggap memiliki kemampuan pasti akan direkomendasikan untuk maju pada pemilihan kepala daerah. 

Sumber: