Jelang Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia, Pembenahan Wilayah Pecinan Jakbar Capai 80 Persen

Jelang Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia, Pembenahan Wilayah Pecinan Jakbar Capai 80 Persen

Pecinan/ilutrasi-ilustrasi-wikipedia

JAKARTA, DISWAY.ID - Jelang ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) memastikan persiapan pembenahan kawasan Pecinan, Taman Sari sudah mencapai 80 persen.

"Kalau lihat di lapangan sudah 80 persen siap karena tempat-tempat sudah dibenahi dengan baik," kata Sekertaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis, 23 Juni 2022.

Salah satu pembenahan yang sudah dilakukan pihak Pemkot yaitu saluran air dimana biaya pembenahan tersebut memakan dana sebesar Rp 500 Juta. 

BACA JUGA:192.810 Peserta Lulus SBMPTN 2022, Tunggu Pengumumannya Sore Ini

Pembenahan saluran air itu dilakukan agar wilayah tersebut dapat bebas dari banjir saat musim hujan nanti. 

Tidak hanya perbaikan saluran air, pemkot juga melakukan pembenahan lainnya seperti pedestarian, revitalisasi beberapa pasar hingga arus lalulintas.

Kemudian, pihak pemkot juga mengajak para pelaku usaha untuk bekerjasama untuk membersihkan dan memperbaiki beberapa fasilitas umum di sekitar lokasi Pecinan. 

"Kami juga bekerjasama dengan warga sekita maupun pelaku usaha di Pecinan untuk menjaga kebersihan fasilitas umum," ujar Iin. 

Lalu, Iin beserta jajarannya juga membocorkan bahwa akan ada beberapa pertunjukan atraksi yang digelar pada hari penilaian ADWI yaitu 26 Juni mendatang. 

Dengan adanya pembenahan yang telah dilakukan  dengan berbagai upaya, Iin berharap lokasi wisata Pecinan dapat terpilih dalam ajang ADWI. 

"Semoga dengan perbaikan lokasi yang sudah kita lakukan ini bisa memberikan hasil yang maksimal dan membuat Pecinan terpilih di ADWI nanti," imbuhnya. 

BACA JUGA:Miris! Pimpinan Ponpes Rudapaksa Santriwati Selama 1 Tahun

Selain itu, dia juga berharap melalui ajang ADWI ini, Pecinan  bisa menjadi salah satu pusat wisata di DKI Jakarta.

Perlu diketahui, di DKI Jakarta sendiri hanya mengirimkan satu kandidat wilayah pada ajang pemilihan ADWI 2022, yaitu wisata Pecinan, Jakarta Barat.

Sumber: