Catat! 5 Minuman Ini Bisa jadi Alternatif Pengganti Kopi, Kandungannya Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Catat! 5 Minuman Ini Bisa jadi Alternatif Pengganti Kopi, Kandungannya Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Minuman pengganti kopi--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Kopi adalah salah satu minuman kafein yang dipercaya bermanfaat untuk memberikan semangat dalam beraktifitas.

Namun minum kopi juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan masalah seperti kecemasan, agitasi, kegelisahan, insomnia, dan peningkatan tekanan darah.

Namun anda jangan khawatir, ternyata ada lho 5 minuman lainnya yang manfaatnya tak kalah dari kopi.

BACA JUGA: Viral! Tak Beri Jalan, Diduga Mobil Dinas Kasatpol PP dan WH Gayo Lues Halangi Ambulans di Banda Aceh

Berikut minuman alternatif pengganti kopi yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

1. Kombucha

Kombucha adalah minuman teh yang difermentasi dan menyehatkan. Ini mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri berbahaya, kaya akan probiotik yang bermanfaat dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

BACA JUGA: 4 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit Kanker?

Terbuat dari teh hitam yang difermentasi dengan bakteri, ragi dan gula. Kombucha adalah salah satu cara sempurna untuk memulai pagi Anda.

2. Teh Matcha

Matcha juga berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tumbuh secara berbeda dan memiliki profil nutrisi yang unik. Setelah panen daun teh, kemudian digiling menjadi bubuk halus yang dikenal sebagai matcha.

BACA JUGA: Cocok Buat Buka Puasa, Sebenarnya Apa Saja Sih Manfaat Timun Suri?

Jadi, saat menyeruput matcha, Anda sebenarnya mengonsumsi seluruh daunnya, yang berarti Anda akan mendapatkan suplai antioksidan yang lebih baik.

Selain itu, ia juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Matcha membantu dalam menurunkan berat badan, melindungi hati, meningkatkan fungsi otak, dapat membantu mencegah kanker dan kesehatan jantung.

Sumber: