Daging Babi Cacing Pita dan 3 Dampaknya Bagi Kesehatan

Daging Babi Cacing Pita dan 3 Dampaknya Bagi Kesehatan

Mengonsumsi daging babi bagi kesehatan menurut kedokteran-Kristian Ryan Alimon-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID-Video wanita berhijab yang diduga memamerkan dirinya sedang makan daging babi viral di sosial media. Video itu di unggah akun YouTube pada 24 Juni 2022 lalu dengan judul: "mana ayat nya Makan BABI masuk Neraka, Muslim Makan babi".

Berikut ini adalah perspektif daging babi menurut para ahli kedokter, khususnya efek yang timbulkan dari mengonsumsi daging tersebut bagi kesehatan.

Seperti dilansir Alodokter, Senin, 27 Juni 2022, daging babi dianggap sebagai sumber protein dan memiliki nutrisi yang hampir sama dengan daging sapi.

Daging babi juga mengandung kalium, fosfor, zinc, niacin (vitamin B3), thiamine (vitamin B1), folat, riboflavin (vitamin B2), dan vitamin B6. Namun, mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita atau taeniasis.

Selain itu, mengonsumsi daging ini secara berlebih juga dikaitkan dengan risiko terkena kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan kanker.

BACA JUGA:Ini 7 Manfaat Minum Jus Lemon untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bersihkan Usus Loh

Daging Babi dan Cacing Pita

Taeniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Taenia solium alias cacing pita babi. Cacing pita babi jenis ini bisa ditemukan di seluruh dunia, terutama di negara-negara dengan sistem sanitasi yang buruk.

Di negara-negara tersebut, babi diperbolehkan berkeliaran bebas hingga berisiko mengonsumsi kotoran manusia yang mengandung telur cacing pita.

Cacing pita bisa juga masuk melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh telur cacing tersebut. Telur cacing pita yang masuk ke perut manusia akan menetas menjadi larva.

BACA JUGA:Selain Olahraga dan Makanan Sehat, Ini 5 Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Selanjutnya, larva bergerak menuju saluran pencernaan dan masuk ke peredaran darah. Cacing pita juga bisa menginfeksi bagian lain di dalam tubuh manusia, seperti otot, mata, dan otak.

Infeksi cacing pita biasanya tidak spesifik atau justru tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Gejala infeksi cacing pita yang bisa muncul antara lain:

  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan 
  • Penurunan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: