Ridwan Kamil Beri Wejangan 410 Calon Jemaah Haji Embarkasi Bekasi

Ridwan Kamil Beri Wejangan 410 Calon Jemaah Haji Embarkasi Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyambut 410 calon jemaah haji embarkasi Bekasi, Senin 27 Juni 2022-Tuahta Simanjuntak -

BEKASI, DISWAY.ID-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  secara langsung menyambut kedatangan calon jemaah haji yang dijadwalkan tiba , Senin 27 Juni 2022.

Sebanyak 410 calon jamaah haji asal Kabupaten Ciamis, Bogor dan Pangandaran telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Menurut Ridwan Kamil nantinya para calon jemaah haji asal Jawa Barat akan diberikan kemudahan dari segi penginapan yang dimana jaraknya tidak terlalu jauh dengan Masjidil Haram.

"Jemaah haji Jawa Barat alhamdulillah, kami tempatkan maksimal hanya 1.500 meter dari Ka'bah, dari Masjidil Haram, kalau jalan maksimal 7 menit lah kira-kira begitu dan itu adalah rezeki Bapak-Ibu," ucap Ridwan Kamil dalam saat ditemui di lokasi, Senin 27 Juni 2022.

BACA JUGA:Jemaah Haji Jangan Memaksakan Diri ke Masjidil Haram saat Bus Shalawat Berhenti Beroperasi 10 Hari

Dalam kesempatan tersebut Ridwan Kamil juga menitipkan pesan kepada para calon jamaah untuk mempersiapkan fisik dan juga pikiran, menurutnya selama sedang menjalankan ibadah para jamaah harus selalu berfikir positif.

"Ibadah yang paling menuntut fisik itu adalah ibadah haji. Banyak jalan kakinya, bertemu panasnya, itu ujian fisik yang harus kita antisipasi. Badan itu gimana pikiran kalau pikiran bilang sehat, maka badan itu akan mengikuti tapi kalau pikiran juga sudah pesimis sudah lemah, orang sehat pun terasa lemah," ungkapnya.

Ia pun mengingatkan kepada jamaah, pada saat berangkat harus benar diniatkan untuk menyempurnakan rukun islam dan jangan sampai pemikirannya terpecah dengan hal hal lain.

"Tolong bersihkan lagi niatnya ya, niat ke sana hanya satu mencari ridho Allah menyempurnakan rukun Islam kita jangan yang lainnya Ya jangan mikirin lagi Indonesia kampung halaman semua fokus di sana," jelasnya.

Tak lupa Ridwan Kamil juga mengajak para calon jamaah haji yang berangkat pada tahun ini untuk bersyukur, dikarenakan kloter haji asal Jawa Barat salah satu antrian yang terlama untuk mendapatkan kuota.

Ia pun menyebutkan bahwa para calon jamaah haji Jawa Barat harus rela menunggu hingga 32 Tahun untuk dapat menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

"Syukuri juga nikmat kesempatan berhaji, nunggu supaya duduk di sini siap pergi itu Subhanallah ya. banyak sekali yang beribu-ribu, ada yang nunggu 15 tahun hingga 20 tahun dan yang terlama 32," tuturnya.

Perlu diketahui, total calon jemaah haji asal wilayah Jawa Barat saat ini berjumlah 17.566 yang akan diberangkatkan ke tanah suci.(fin)

Sumber: