Pantau Langsung ke Pasar, Mendag Lutfi Pastikan Stok Bapok Aman Jelang Lebaran

Pantau Langsung ke Pasar, Mendag Lutfi Pastikan Stok Bapok Aman Jelang Lebaran

Keliling Pasar, Mendag Pastikan Pasokan Bapok Aman Jelang Lebaran-dok.kemendag-

JAKARTA, DISWAY.ID – Memastikan stok bahan pokok (bapo) jelang lebaran Idul Fitri 1443 H, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammada Lutfi memantau langsung ke Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu 13 April 2022.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan, serta Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto.

“Hari ini kita melihat ketersediaan bapok ketika Ramadan dan bersiap-siap sebelum hari raya Idulfitri. Bapok stoknya cukup dan karena stoknya cukup mudah-mudahan harga bisa terjangkau,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi mengungkapkan, sebagian besar harga bapok cenderung turun. Misalnya, harga beras stabil berada di kisaran Rp 10.000/kg untuk beras medium dan Rp 12.400/kg untuk beras premium. 

BACA JUGA: Demi Lindungi Mark Zuckerberg Beserta Keluarganya, Meta Rela Gelontorkan Uang Hingga Ratusan Milliar Loh

Komoditas lain, seperti cabai dan bawang harga cenderung turun. Harga cabai merah keriting turun 11,09 persen, cabai merah besar turun 6,83 persen, cabai rawit merah turun 22,84 persen, serta bawang merah turun 5,77 persen.

Sedangkan, gula pasokannya cukup meskipun harga mengalami kenaikan. Harga gula saat ini berada di kisaran Rp 14.700/kg, naik 3,52 persen dibanding bulan sebelumnya. Kenaikan harga ini didorong oleh harga paritas impor.

“Sementara harga telur dan ayam cenderung turun dan diharapkan terus stabil, jangan turun terlalu banyak untuk memberikan keuntungan kepada peternak,”jelas Mendag Lutfi.

BACA JUGA: Safari Ramadan di Cirebon, AHY Ziarah Makam Sunan Gunung Jati

Mendag Lutfi melanjutkan, harga minyak goreng curah masih relatif tinggi. Di Pasar Rawamangun minyak goreng curah dijual dengan harga Rp 16.000/kg. 

“Kondisi harga ini akan terus membaik dan diharapkan sesuai dengan harga yang ditentukan Pemerintah sebelum Lebaran, sesuai HET Rp 14.000/liter,” terangnya.

Sementara Arief menyebutkan, saat ini Badan Pangan Nasional harus menjaga harga di tingkat hulu dan hilir. 

BACA JUGA: Pembunuh Begal jadi Tersangka, Wartawan Tanya Tips ke Polisi: Harus Lari Gitu, Tinggalin Motor?

“Harga di tingkat hulu diharapkan tidak terlalu turun sehingga petani dan peternak dapat merasakan harga yang baik dan sampai dengan Lebaran kita pastikan stok stabil dan masuk terus ke Jakarta,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: