Jokowi dan Zelensky Sepakat Indonesia dan Ukraina Bebas Visa

Jokowi dan Zelensky Sepakat Indonesia dan Ukraina Bebas Visa

JABAT TANGAN untuk perdamaian Ukraina dan Rusia. Momen saat Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Rabu, 29 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu 30 Juni 2022 menghasilkan kesepakatan aturan bebas visa.

"Saya menginformasikan kepada kalian kesepakatan kami untuk memperkenalkan bebas visa kunjungan antara negara kami," kata Zelensky dalam konferensi pers bersama Jokowi setelah pertemuan dilansir Interfax, Zelensky. 

"Dari segala sudut pandang, ini merupakan kesepakatan yang penting bagi rakyat kami, juga pembangunan sosial, dan hubungan antarwarga," sambungnya.

BACA JUGA:Jokowi Tiba di Moskow: Cuaca Cerah Sambut Kedatangan Saya

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Zelensky juga membahas sederet isu lainnya, termasuk bara perang antara Ukraina dan Rusia yang tak kunjung padam sejak Februari lalu.

Jokowi mendorong dialog damai antara Ukraina dan Rusia. Ia menyadari dialog memang sulit tercapai, tapi tetap penting untuk dilakukan.

"Perdamaian ini tak hanya penting bagi Ukraina dan Rusia, tapi juga dunia, karena harga pangan dan energi global melonjak imbas perang ini," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Petisi Batalkan Naturalisasi Jordi Amat Tembus 15 Ribu Orang

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan langsung undangan agar Zelensky dapat hadir ke pertemuan puncak (KTT) G20 di Bali pada November mendatang.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga menawarkan diri sebagai pembawa pesan dari Zelensky untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: