Pidato Lengkap Putin saat Bertemu Jokowi, Singgung Investasi IKN

Pidato Lengkap Putin saat Bertemu Jokowi, Singgung Investasi IKN

Pidato Jokowi dan Valdimir Putin (Arsip Biro Pers Sekretariat Negara)-Istimewa-Arsip Biro Pers Sekretariat Negara

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Moskow, Rusia pada Kamis 30 Juni 2022 sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Ya, kedatangan Jokowi pun mendapat sambutan hangat dari Vladimir Putin saat tiba di Istana Kremlin. 

Setelah menempuh perjalanan cukup panjang, Jokowi langsung melakukan pertemuan tete-a-tete di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Putin mengaku senang dilawat oleh Jokowi. Ia menganggap Indonesia merupakan salah satu mitra kunci Rusia di Indo-Pasifik.

"Saya sangat senang melihat Anda di Moskow, Rusia. Saya tahu ini adalah kunjungan pertama Anda di ke Rusia. Selamat datang, pak Presiden," kata Putin kepada Jokowi. 

BACA JUGA:Konflik Agama di India Memanas, PM Modi Terancam Dibunuh!

BACA JUGA:Catat! Syarat Capres dan Cawapres 2024: Pendidikan Minimal SMA hingga Bukan Eks Anggota PKI

Dalam pertemuan itu, keduanya juga menyampaikan pernyataan pers bersama usai melakukan pertemuan bilateral.

Berikut pidato lengkap Putin saat bersama Jokowi, sebagaimana dirilis Kremlin.

Bapak Presiden, hadirin sekalian,

Kami sangat senang menyambut Presiden Republik Indonesia di Kremlin. Ini adalah kunjungan pertama Bapak Jokowi ke Moskow sebagai Presiden. Kami senang Anda berada di sini.

Izinkan saya menekankan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra kunci kami di Asia-Pasifik. Hubungan Rusia-RI bersifat konstruktif, dan saling menguntungkan, dan terus berkembang atas dasar tradisi persahabatan dan bantuan timbal balik yang telah berlangsung lama.

Saya ingatkan kembali bahwa negara kami membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda di kancah internasional.

Dengan partisipasi para spesialis, insinyur dan kontraktor kami, fasilitas infrastruktur transportasi dan industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi penting lain dibangun di Indonesia. Banyak di antara bangunan itu yang beroperasi hingga hari ini.

Sumber: