Putin Sampaikan Isi Pembicaraan dengan Jokowi, Ini yang Disepakati

Putin Sampaikan Isi Pembicaraan dengan Jokowi, Ini yang Disepakati

Bincang hangat pertemuan Presiden RI Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis 30 Juni 2022.-Setpres -Disway.id

MOSKOW, DISWAY.ID-Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan isi pembicaraannya dengan Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

Pada kesempatan itu, Putin mengatakan, dia dan Jokowi membicarakan isu menarik dari semua negara. Salah satu yang dibicarakan yaitu persoalan kebutuhan pupuk pertanian. 

Kantor Berita Rusia TASS pada Kamis 30 Juni 2022 menulis bahwa Putin siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk pertanian dari negara sahabat, salah satunya Indonesia. 

"Kami berbicara tentang isu-isu yang menarik untuk saat ini bagi seluruh dunia, semua negara. Maksud saya pasokan bahan makanan, barang pertanian lainnya, termasuk pupuk mineral, ke pasar global," kata Putin. 

BACA JUGA:Kian Beringas, Rusia Gempur Ukraina dengan Rudal Peninggalan Soviet

“Kami siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk nitrogen, fosfat, pupuk kalium dan bahan baku untuk produksi mereka,” tambah Putin.

Menurut Putin, sangat penting untuk memulihkan rantai pasokan yang terganggu oleh sanksi. 

"Kami tentu berniat untuk terus menjalankan dengan itikad baik komitmen kontrak kami pada pasokan bahan makanan, pupuk, serta sumber daya energi dan barang-barang penting lainnya," kata Presiden.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan rantai pasok pangan dan pupuk terganggu sehingga bisa berdampak kepada seluruh masyarakat dunia, khususnya di negara berkembang.

Untuk itu, dia menyampaikan dukungan kepada PBB yang berupaya melakukan reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia serta komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. 

"Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik," ucap Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: