Masjid Terapung Gedebage Hasil Rancangan Ridwan Kamil, Ada Taman 25 Rasul dan Museum

Masjid Terapung Gedebage Hasil Rancangan Ridwan Kamil, Ada Taman 25 Rasul dan Museum

Ridwan Kamil saat meninjau progres pembangunan Masjid Raya Al Jabbar atau Masjid Terapung Gedebage, Kota Bandung, Sabtu 2 Juli 2022.-Tangkapan layar-Instagram

BANDUNG, DISWAY.ID-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan progres pembangunan masjid Terapung Gedebage bernama Masjid Raya Al-Jabbar di Kecamatan Gedebage Kota Bandung.

Setelah tertunda selama 2 tahun karena Pandemi Covid-19, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa progres pembangunan Masjid Terapung yang sudah 56 persen itu kini dilanjutkan kembali. 

"Insya Allah, akhir tahun bisa selesai dan bisa digunakan dan menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, Sabtu 2 Juli 2022.

Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar atau Masjid Terapung Gedebage di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung ditargetkan bisa rampung akhir tahun ini.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Minta Wali Kota Bogor dan Bandung Tindak Tegas Holywings

Kata dia, pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar sampai saat ini masih sesuai dengan target. Harapannya bisa segera diresmikan dalam waktu yang telah ditentukan. 

"Target masih on schedule, ada sisa waktu 5-6 bulan. Semua sedang dalam proses, mudah-mudahan pada waktunya bisa kami resmikan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh semua umat Islam yang ingin ke sini," kata Ridwan Kamil saat meninjau lokasi, Sabtu 2 Juli 2022.

Bila sesuai jadwal, artinya masjid tersebut bisa diresmikan di awal tahun 2023.  "Jadi progres pembangunannya sampai saat ini kurang lebih 56 persen, yang 44 persen lagi kami bereskan dalam waktu 6 bulan," ujarnya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Beri Wejangan 410 Calon Jemaah Haji Embarkasi Bekasi

"Masih 44 persen lagi untuk menggenapkan yang sedang berproses. Contohnya adalah tempat wudu sudah beres bangunannya, tetapi untuk keramik-keramiknya belum (selesai)," jelasnya. 

Selain itu, ia pun menyempatkan melihat sarana penunjang, termasuk museum yang berada di bawah bangunan tersebut. Ada juga taman dengan tema 25 Nabi dan Rasul yang menghiasi bangunan megah masjid. 

"Sarana penunjang lainnya disediakan lahan parkir buat bus, tempat makan, juga ruang-ruang kelas. Insya Allah ini masjid terkeren yang pernah ada di Indonesia," ungkapnya. Masjid rancangan Ridwan Kamil ini juga disuguhi banyak ornamen karya seni yang membuat masjid ini spesial. 

"Pekerjaannya pun tidak mudah karena banyak karya seni yang luar biasa yang ingin dihadirkan," ujarnya. Untuk mendukung aksesibilitas menuju Masjid Raya Al-Jabbar, menurutnya, ada beberapa jalan yang bisa dilalui. Salah satunya ialah Gerbang Tol keluar Gedebage di KM 149.

"Nanti ada dua akses, yakni di GT keluar Gedebage di KM 149, kemudian lewat Summarecon arau dari bypass Jalan Soekarno-Hatta ada pelebaran yang sedang kami diskusikan," ucapnya. (mcr27/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: