Beredar Foto Diduga Sosok Mirip Jokowi Sedang Memangku Wanita Cantik? CEK FAKTANYA

Beredar Foto Diduga Sosok Mirip Jokowi Sedang Memangku Wanita Cantik? CEK FAKTANYA

CEK FAKTA Jokowi pangku wanita berbikini--Tangkapan layar/Turnbackhoax

JAKARTA, DISWAY.ID – Heboh ramai diperbincangkan terkait sebuah foto yang diduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah duduk memangku seorang wanita berbikini putih.

Dalam foto tersebut sosok yang mirip Presiden Jokowi ini  diduga tengah bersantai di pinggir pantai dengan telanjang dada.

Foto diduga Presiden Jokowi ini sontak membuat geger warganet di media sosial, dan banyak yang bertanya terkait keasliannya.

Diketahui, awalnya foto diduga Presiden Jokowi memangku wanita berbikini ini diunggah oleh akun Facebook dengan akun Ahmad Dani pada tanggal 20 Juni 2022.

BACA JUGA:Info Lokasi Akan Dihapus Google, Ternyata Ini Penyebabnya

Dalam unggahan foto yang membuat gempar jagat dunia maya ini tidak ada keterangan atau penjelasan detail.

Terlihat dalam komentar unggahan ini, sejumlah warganet pun berusaha untuk mengingatkan penggunggah dampak dari penghinaan terhadap presiden.

Lantas apakah benar jika sosok di dalam foto tersebut merupakan Presiden Jokowi yang kepergok asyik berduaan dengan wanita berbikini?

Dilansir dari laman turnbackhoax, ternyata foto tersebut merupakan hasil editan atau suntingan pihak yang tidak bertanggungjawab.

BACA JUGA:Kronologi Sepuntung Rokok Nyaris Hanguskan Maktab Haji 509 Jemaah asal Jawa Barat di Mekkah, Siapa Pelakunya?

Foto tersebut awalnya merupakan foto artis Jennifer Coppen yang dipangku oleh pacarnya bernama William Faulkner.

Berdasarkan penelusuran menggunakan mesin pencari Yandex.com, ditemukan foto identik pada artikel salah satu media online pada 16 Juli 2021 berjudul “9 Gaya Pacaran Artis Saat Liburan ke Pantai, Ada yang Dipangku Mesra!”

Foto asli tersebut merupakan momen liburan aktris Jennifer Coppen yang dipangku mesra oleh pacar barunya saat berlibur ke Flores.

BACA JUGA:Harus Ikuti Idul Adha Arab Saudi atau Pemerintah Indonesia? Ustaz Adi Hidayat: Bukan Momentumnya, Tapi...

Sedangkan foto wajah jokowi yang ditempelkan pada foto tersebut diambil dari artikel antaranews.com berjudul “Indonesian government discusses oil subsidy scheme for 2015” yang tayang pada 24 Desember 2014.

Jadi berdasarkan penulusaran Disway.id, informasi mengenai foto Presiden Jokowi asyik memangku wanita berbikin putih tidak benar.

Bisa dipastikan juga foto tersebut merupakan hasil editan belaka dan dapat disimpulkan foto ini hoaks serta tidak terbukti kebenarannya.

Sebelumnya, beredar juga video Jokowi yang disebut tengah memantau kasus penghinaan agama Buddha.

BACA JUGA:Raisa/Anya Gerladine vs Hesti/Ericarl Mau Duel di Tepok Bulu? Simak Jadwalnya di Sini

Video tersebut heboh usai diunggah oleh salah satu akun di media sosial Twitter dan langsung ramai jadi perbincangan.

Dalam video yang diunggah, menunjukkan Jokowi tengah duduk berhadapan dengan layar yang menunjukkan dua tokoh WALUBI Sumatera Utara.

Kedua tokoh tersebut tengah menyampaikan keluhan terkait tindakan penistaan agama Buddha yang dilakukan oleh Roy Suryo. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa Jokowi sedang memantai kasus penistaan agama Buddha.

“Mungkin Pak @ListyoSigitP dkk berpikir Pak @jokowi tidak memantau kasus penghinaan agama Buddha yang dilakukan oleh Roy Suryo..

BACA JUGA:Kronologi Sepuntung Rokok Nyaris Hanguskan Maktab Haji 509 Jemaah asal Jawa Barat di Mekkah, Siapa Pelakunya?

Nih Pak Kapolri biar paham sendiri maksud video ini..

Jangan sampai Pak Jokowi nelpon panjenengan loh,” tulis narasi akun @paltiwest.

Lantas benarkah video tersebut?

Dilansir dari turnbackhoax, video tersebut bukan merupakan video Jokowi yang tengah memantau kasus penghinaan agama Buddha.

Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan yang menggabungkan video Jokowi yang tengah memimpin Rapat Terbatas Percepatan Agenda Kerja Kementerian pada 16 Maret 2020 dan video konferensi pers WALUBI Sumatera Utara terkait kasus penghinaan agama Buddha.

Video Jokowi yang tengah memimpin Rapat Terbatas Percepatan Agenda Kerja Kementerian sendiri telah diunggah oleh kanal YouTube “Sekretariat Presiden” pada 16 Maret 2020 dengan judul video “Rapat Terbatas Percepatan Agenda Kerja Kementerian via Telekonferensi, Istana Bogor, 16 Maret 2020”.

Sedangkan, video konferensi pers WALUBI Sumatera Utara telah diunggah oleh kanal YouTube “Tribun MedanTV” pada 18 Juni 2022 dengan judul video “WALUBI Sumut Mengutuk Tindakan Roy Suryo yang Ubah Stupa Candi Borobudur jadi Wajah Presiden Jokowi”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Paltiwest” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: