AS Cegah Ratusan Pesawat Rusia Terbang Termasuk Milik Bos Chelsea Roman Abramovich

AS Cegah Ratusan Pesawat Rusia Terbang Termasuk Milik Bos Chelsea Roman Abramovich

Ilustrasi: Roman Abramovich -Syaiful Amri/Disway.id -

WASHINGTON, DISWAY.ID - Hampir 100 pesawat yang memiliki hubungan dengan Rusia telah dilarang terbang secara efektif oleh pemerintah AS termasuk satu jet pribadi milik miliarder Roman Abramovich.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pesawat itu dilarang terbang setelah munculnya sanksi AS terhadap Rusia atas invasi yang dilakukan ke Ukraina. 

Jika pesawat-pesawat itu nekat terbang dan membuka layanan di dunia termasuk di dalam Rusia dapat menyebabkan denda berat dan kemungkinan hukuman penjara.

”Daftar tersebut termasuk pesawat yang dioperasikan oleh maskapai Rusia, termasuk Aeroflot,” Menteri Perdagangan Gina Raimondo. 

Sementara sebagian besar adalah pesawat Boeing, jet pribadi Gulfstream pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich. 

Rusia termasuk di antara tujuh oligarki yang diberi sanksi oleh pemerintah Inggris awal bulan atas invasi Ukraina.

Abramovich diduga memiliki ikatan kuat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang telah dibantahnya.

Dalam sebuah pernyataan, departemen tersebut mengatakan setiap pekerjaan pengisian bahan bakar, pemeliharaan atau perbaikan dari salah satu pesawat yang terdaftar serta penyediaan suku cadang melanggar kontrol ekspor AS.

Menteri Perdagangan Gina Raimondo mengatakan langkah itu sebagai tanggapan atas perang brutal Rusia melawan Ukraina.

”Kami menerbitkan daftar ini untuk memberi tahu dunia. Kami tidak akan mengizinkan perusahaan dan oligarki Rusia dan Belarusia untuk bepergian dengan impunitas yang melanggar hukum kami,” tegasnya. 

Ditambahkannya, sanksi pelanggar tinggak menunggu waktu saja. Apakah masuk dalam sanksi penjara yang substansial, denda, kehilangan hak ekspor, atau pembatasan lainnya.

Peraturan tersebut berlaku untuk setiap pesawat yang memiliki lebih dari 25% konten asal AS yang diekspor kembali ke Rusia setelah kontrol baru mulai berlaku pada 24 Februari, hari ketika Rusia menginvasi Ukraina.

”Dengan mencegah pesawat-pesawat ini menerima layanan apa pun, misalnya, termasuk dari luar negeri, penerbangan internasional dari Rusia dengan pesawat ini secara efektif dihentikan,” tambahnya. 

Wakil Sekretaris Perdagangan Don Graves mengatakan pemerintah AS berharap langkah itu menyoroti isolasi Rusia yang meningkat dari ekonomi global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: