Ajakan Puasa Arafah Meski Tak Sama, Ustaz Adi Hidayat Beri Tuntunan Begini: Nabi Pernah Memberikan...

Ajakan Puasa Arafah Meski Tak Sama, Ustaz Adi Hidayat Beri Tuntunan Begini: Nabi Pernah Memberikan...

Menjelaskan apa yang dimaksud apa itu Wahabi, Ustaz Adi Hidayat menyinggung sosok pendiri Nahdlatul Ulama, Kiyai Abdul Wahab Hasbullah.-Tangkapan Layar/Adi Hidayat Official-YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ustaz Adi Hidayat memberi wejangan sangat baik terkait puasa Arafah, meskipun terjadi perbedaan Hari Raya Idul Adha di Indonesia dan beberapa negara Arab.

Jika merujuk penetapan pemerintah Indonesia melalui keputusan sidang isbat Kementerian Agama, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022.

Dengan begitu, puasa Arafah di Indonesia akan ditunaikan 9 Dzulhijjah bertepatan dengan hari Sabtu 9 Juli 2022.

BACA JUGA:Viral Ustaz Adi Hidayat Bongkar Sejarah Nama Asli Kapitan Pattimura: Namanya Ahmad Lusi!

Sehingga Hari Raya Idul Adha setelah puasa Arafah di Indonesia, akan dirayakan pada hari Minggu 10 Juli 2022.

Beberapa negara Arab, seperti Arab Saudi, puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah jatuh di hari sebelumnya, Jumat 8 Juli 2022

Meski terjadi perbedaan, Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah ceramah terkait puasa Arafah, memberikan tuntunan yang sangat baik dan dianjurkan untuk ditunaikan.

Penjelasan kali ini Disway.id kutip dari tayangan YouTube di kanal resmi Ustaz Adi Hidayat dengan judul: RAHASIA 9 DZULHIJJAH - Ustadz Adi Hidayat, yang diunggah pada tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:Idul Adha di Indonesia Pakai Metode Apa? Ustaz Adi Hidayat: Ini Kuncinya Ada di Sini

Ustaz Adi Hidayat menyebut, satu hari di bulan Dzulhijjah terdapat satu waktu dan momen, memiliki rangkaian ibadah yang sangat spesifik, yakni puasa Arafah.

"Nabi pernah memberikan informasi sejak 14 abad lalu bahwa hari ini menjadi spesial dengan satu ibadah yang sangat spesifik, yang disebut oleh beliau Syiam.

"Yakni puasa yang ditunaikan sesuai ketentuan syariat. Beliau mengatakan (membacakan hadist Nabi) yang artinya; 'Sungguh, puasa yang ditunaikan di hari yang bertepatan dengan momentum Arafah, aku berharap pahalanya di sisi Allah SWT bisa menggugurkan dosa-dosa setahun berlalu dan menjaga perbuatan dosa setahun yang akan datang," beber Ustaz Adi Hidayat.

Lulusan S2 Islamic Call College di Libya itu menjelaskan, puasa tanggal 9 Dzulhijjah dinamakan sebagai puasa Arafah.

BACA JUGA:Mudah Dipahami, Ustaz Adi Hidayat Pastikan Puasa Arafah di Indonesia Sesuai Sabda Nabi Muhammad: Karena Zona..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: