Ini Biodata Singkat Erni Guntarti Sosok 'Perempuan Istimewa' Menteri Tjahjo Kumolo Semasa Hidup

Ini Biodata Singkat Erni Guntarti Sosok 'Perempuan Istimewa' Menteri Tjahjo Kumolo Semasa Hidup

dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam acara pisah sambut penasihat Kementerian PANRB, di Jakarta, Kamis 14 November 2019-Menpan-disway.id

BACA JUGA:Ma'ruf Amin Imami Jenazah Tjahjo Kumolo Sebelum Jalani Upacara Persemayaman 

Dalam riset dan kajian akademik LKP 1 April 2015 sampai Agustus 2015 Tjahjo Kumolo dinilai sosok menteri yang konsisten mengimplementasikan gagasan besar Presiden Jokowi. 

Tjahjo dinilai pejabat maupun politisi yang memahami prihal Nawa Cita maupu Tri Sakti Bung Karno baik tersirat maupun tersurat. 

Dalam sisi kepemimpinan Tjahjo Kumolo dikenal dengan sosok yang tenag dalam menghadapi situasi sulit, konsisten dan mampu mengimplementasikan apa yang diharapkan Presiden Jokowi. 

Maka julukan ‘La Ode Lakina Kaogesana Lipu’ pun diberikan kepada Tjahjo Kumolo saat dirinya menyambangi Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, pada 10 Oktober 2015.

BACA JUGA:Mahfud MD Dengar Kabar Tjahjo Kumolo Meninggal saat di Helikopter: Saya Bersaksi...

Apa artinya La Ode Lakina Kaogesana Lipu?  ‘La Ode’ berarti seorang negarawan bagi masyarakat adat Kesultanan Buton sebagai negarawan. 

Sedangkan ‘Kaogesana’ adalah pembesar atau pimpinan dalam kedudukan sosial Kesultanan Buton. Sementara ‘Lipu’ berarti lebih dekat dengan istilah negara, daerah, kecamatan, kelurahan, dan desa.

Tjahjo Kumolo mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Semarang, Jawa Tengah. Selanjutnya Tjahjo melanjutkan ke Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan sempat merasakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Tentu saja sebagai politisi Tjahjo Khumolo cukup aktif di berbagai organisasi. Di antaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Menariknya Tjahjo Kumolo adalah Ketua Umum DPP KNPI periode 1990-1993.


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) sore. Foto: dok.Ganjar--

Tjahjo Kumolo dengan latar belakangnya memiliki seorang istri yang setia dan mampu mendampingi politisi itu dalam kondisi senang dan susah. Ia adalah Erni Guntarti. 

Erni Guntarti ternyata seorang dokter. Dari pernikahannya dengan Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti dikaruniai 3 anak yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putripari Cendana dan Arjuna Cakra Candrasa.

Erni Guntarti mengenal Tjahjo Kumolo saat duduk di SMP (Sekolah Menengah Pertama). Keduanya satu bangku saat itu.

Jalinan kasih itu pun sampai ke jenjang pernikahan. Erni Guntarti juga sosok yang sabar mampu melayani suami dengan pekerjaannya sebagai politisi hingga sampai duduk sebagai orang pentig di kabinet Indonesia Maji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: