Tergusur dari Filipina, Timnas Basket Indonesia Gagal ke Piala FIBA Asia 3x3 2022 di Singapura

Tergusur dari Filipina, Timnas Basket Indonesia Gagal ke Piala FIBA Asia 3x3 2022 di Singapura

FIBA 3x3 Asia Cup. -FIBA.-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Tim nasional bola basket 3x3 Indonesia gagal mengikuti jejak rekan-rekan mereka di nomor putri yang bisa melangkah ke babak utama Piala FIBA Asia 3x3 2022 di Singapura.

Indonesia harus terhenti di fase kualifikasi Grup C setelah Sandy Ibrahim Aziz dkk menelan kekalahan 15-21 melawan Filipina dalam pertandingan kedua di Singapura yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi FIBA 3x3, Kamis 7 Juli 2022.

Dengan catatan satu kemenangan dan satu kekalahan, Indonesia hanya berakhir menempati peringkat kedua Grup C di bawah Filipina yang lolos ke babak utama setelah menyapu bersih dua kemenangan di fase kualifikasi.

Setelah mengantungi kemenangan 18-13 melawan Yordania di pertandingan pertama, Indonesia mendapat tantangan berat menghadapi Filipina yang tiba di Singapura sebagai unggulan lebih tinggi.

BACA JUGA:Tak Bisa Bisa Disangkal Marques Bolden Punya Peran Penting di Timnas Basket Indonesia

Meski harus menunggu hingga pertandingan nyaris genap berlangsung empat menit, Almond Vosotros jadi pemain paling subur bagi Filipina, tercatat membukukan tak kurang dari.

Joseph Emmanuel Eriobu Jr dan Almond Vosotros menjadi dua mesin angka utama Filipina yang seolah berbagi peran merepotkan pertahanan Indonesia.

Eriobu mendominasi hingga nyaris separuh awal waktu pertandingan dan berakhir membukukan delapan poin.

Sedangkan Vosotros, meski harus melewatkan nyaris empat menit pertama nirpoin, ia kemudian melesakkan 11 poin terakhir termasuk angka penentu kemenangan Filipina.

BACA JUGA:AD2, Sepatu Penanda Sejarah Basket Indonesia

Sedangkan bagi Indonesia, Sandy mendominasi 11 dari 15 poin yang diperoleh Merah Putih. Ironisnya, Rio Disi yang jadi top skor Indonesia dengan sembilan poin melawan Yordania, harus melewatkan laga kontra Filipina dengan catatan nirpoin.

Setelah tembakan dua angka Eriobu membuka keran poin, Indonesia balik memimpin 3-2 lewat Sandy yang sukses melesakkan bonus lemparan gratis karena dilanggar saat melepaskan tembakan luar busur.

Tapi keunggulan Indonesia tak bertahan lama sebab Julian Alexandre Chalias didakwa melanggar Erioube saat menyeploskan layup, sehingga Filipina berbalik unggul 4-3 berkat satu lempatan gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antaranews.com