Inilah Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali oleh Tetsuya Yamagami di Nara

Inilah Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali oleh Tetsuya Yamagami di Nara

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id

TOKYO, DISWAY.ID - Pemerintah Jepang telah mengkonfirmasi bahwa mantan perdana menteri Shinzo Abe ditembak dan kondisinya belum diketahui.

“Mantan perdana menteri Abe ditembak sekitar pukul 11.30 pagi di Nara. Seorang pria, yang diyakini sebagai penembak, telah ditahan. Kondisi mantan perdana menteri Abe saat ini belum diketahui,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan, Jumat 8 Juli 2022.

Perdana Menteri Fumio Kishida bergegas kembali ke Tokyo dari Yamagata di utara tempat dia berkampanye untuk seorang kandidat. 

Mr Kishida diharapkan mencapai Kantor Perdana Menteri sekitar 14:30 (1:30 waktu Indonesia) dan akan membuat komentar tentang insiden tersebut.

BACA JUGA:Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak dari Belakang di Nara

Laporan media setempat mengatakan bahwa Abe pingsan di tengah pidato rapat umum di luar stasiun kereta api di prefektur Nara. 

Dia berbicara atas nama kandidat Partai Demokrat Liberal (LDP) Kei Sato (43) yang tak lain anggota Majelis Tinggi saat ini yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali di Nara.

NHK menunjukkan video Abe berpidato di luar stasiun kereta api ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan kemudian pejabat keamanan terlihat menangani seorang pria di tanah. 

Kepulan asap di belakang Abe dapat dilihat dalam video terpisah yang ditayangkan di NHK.

BACA JUGA:Bintang Porno Jepang Rina Arano Diduga Tewas Dicekik, Polisi Buru Pelakunya!

Dilaporkan pula bahwa Abe mengalami pendarahan saat dia pingsan. Abe ditembak tiga kali dari belakang dengan senapan, kata media mengutip polisi.

Dia dibawa dengan ambulans ke helikopter evakuasi medis dan kemudian diangkut ke Rumah Sakit Universitas Medis Nara, kata Departemen Pemadam Kebakaran Nara.

Kantor berita Kyodo dan NHK mengatakan bahwa Abe tampak dalam keadaan serangan jantung ketika dibawa ke rumah sakit, setelah awalnya sadar dan responsif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nhk