Jemaah Haji Indonesia Berangsur Mulai Pulang ke Tanah Air

Jemaah Haji Indonesia Berangsur Mulai Pulang ke Tanah Air

Wamenag Zainut tauhid melepas jemaah haji Indonesia pulang ke tanah air.-kemenag RI-

MEKKAH, DISWAY.ID- Jemaah haji Indonesia (JHI) berangsur mulai tinggalkan hotel di Al Keswah, Jarwal, Makkah untuk pulang ke tanah air.

Wakil Menteri agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang akan pulang ke tanah air, Kamis 14 Juli 2022 malam Waktu Arab Saudi (WAS).

Sebanyak 390 orang JHI dalam kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Solo (SOC), dilepas dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada pukul 05.10 WAS, Jumat 15 Juli 2022.

BACA JUGA:Polri Beri Sanksi Oknum Polisi yang Diduga Intimidasi Wartawan Saat Liput Kasus Penembakan Brigadir J

“Alhamdulillah malam ini bisa kami lepas jemaah dari SOC Solo. Pesan Pak Menteri, kami dari Kemenag meminta maaf jika selama di tanah suci mungkin kurang maksimal. Meskipun kami sudah menyiapkan sebaik-baiknya, tapi pasti ada kekurangan,” ujar Zainut Tauhid.

Menurutnya, berbagai testimoni jemaah menunjukkan kepuasan mereka terhadap layanan haji tahun ini. “Kalau diukur dari jemaah mereka sangat puas, tapi ekspektasinya belum seperti yang kami harapkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Zainut Tauhid juga menyampaikan pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang langsung memerintahkan seluruh jajaran Kemenag segera menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 2023.

“Setelah haji ini, selesai kita diperintah Pak Menteri langsung menyiapkan haji 2023 agar lebih matang dan lebih baik lagi, agar kami bisa lebih mengantisipasi berbagai kemungkinan,” katanya.

BACA JUGA:Bandara King Abdul Aziz Bolehkan Jemaah Haji Indonesia Bawa Air Zamzam 5 Liter, Ini Kata Kemenag RI

Untuk haji tahun 2023, Wamenag berharap Kerajaan Arab Saudi bisa menaikkan kuota untuk jemaah Indonesia.

Sementara itu, prosesi pelepasan jemaah haji SOC 1 ini didandani dengan penyerahan bendera merah putih dari Wamenag ke Ketua Kloter. Dengan lantunan shalawat, jemaah lantas diantar masuk bus yang bergerak menuju ke Jeddah.

Setelah jemaah asal Solo, juga ada jemaah asal Padang (PDG) kloter 1 dengan jumlah 393 orang yang  menyusul diberangkatkan pulang ke tanah air.

Jemaah asal Padang rencananya akan terbang menuju tanah air pukul 07.10 WAS, Jumat, 15 Juli 2022.

BACA JUGA:Penghasilan Keluarga Rp 2,7 Juta per Bulan Masuk Kategori Miskin di Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: