Tribun Utara Stadion JIS Roboh, Ketua Umum The Jakmania Angkat Bicara

Tribun Utara Stadion JIS Roboh, Ketua Umum The Jakmania Angkat Bicara

Pagar pembatas penonton JIS ambruk saat Grand Launching JIS--PMJ News-Istimewa-PMJ

JAKARTA, DISWAY. ID - Grand Launching Jakarta Internasional Stadion yang di adakan pada pukul 16.30 WIB, Minggu, 24 Juli 2022 sempat mengalami kecelakaan kecil yang terjadi di tribun penonton. 
 
Sekitar pukul 5 sore, tribun penonton yang berada di sisi Utara roboh, diduga karena tidak kuat menahan beban suporter Persija Jakarta, The Jakmania. 
 
Melihat peristiwa tersebut, Ketua Umum The Jakmania, Dicky Sumarno angkat bicara. Menurutnya, JIS yang berlokasikan di Jakarta Utara ini masih perlu dilakukan evaluasi dan banyak persiapan terkait fasilitasnya. 
 
"ini pertama kali kita nyoba di sini artinya yang saya bilang banyak yang harus disiapkan. Katakanlah di Gelora Bung Karno (GBK) udah ada staggernya sedangkan di sini belom," ujar Dicky Sumarno saat konferensi pers, Minggu, 24 Juli 2022, malam. 
 
Ia pun mengatakan kepada pihak PT Jakpro terkait masalah tersebut untuk dijadikan bahan evaluasi sekaligus pembelajaran mengingat penonton bola memiliki karakter yang berbeda dari penonton biasa pada umumnya. 
 
"Jadi pelajaran juga buat Jakpro, pak Widi, karena karakter penonton bola beda ya sama masyarakat pada umumnya. Kita bisa 100 kali lipat energinya buat nonton. Saya harap ini jadi pelajaran yang bagus untuk kita semua," kata Dicky. 
 
"Untung pas grand launching bukan pas liga mulai, kalau enggak persija udah didenda," lanjutnya. 
 
Lebih lanjut, Dicky menuturkan bahwa insiden robohnya pagar pembatas di JIS bukanlah dari Rombongan The Jakmania Liar (Rojali). Ia pun menegaskan bahwa Rojali sudah tidak. 
 
"Masalah rojali enggak ada. Itu semua anggota kita. Hari ini kuota kita ada 40.000 dan antusianya teman-teman luar biasa. Sedangkan anggota aktif kita sekarang ada 102.768 orang," tuturnya. 
 
Diberitakan sebelumnya bahwa terkait masalah tersebut, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tidak ambil pusing. 
 
 
Menurut mereka, itu merupakan hal yang biasa mengingat antusias mereka yang menggebu-gebu untuk hadir serta menyaksikan langsung Grand Lauching JIS dan Internasional Friendly Match Persija Jakarta vs klub liga 1 Thailand. 
 
Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto mengatakan bahwa nanti pihaknya akan melakukan pengecekan terkait kekuatan dari pagar pembatas tersebut. 
 
"Mengenai pagar roboh antusiasme dari Jakmania luar biasa, kita bangga dan tentunya kami liat dulu kekuatannya, kami akan cek lagi semuanya. Kita follow up dan evaluasi kondisi tersebut," kata Widi dihadapan awak media. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: