Piala AFF U16 2022: Malaysia Juara Bertahan Gagal ke Semifinal

Piala AFF U16 2022: Malaysia Juara Bertahan Gagal ke Semifinal

Tim nasional U-16 Malaysia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah ditahan imbang Australia dengan skor 2-2 pada laga terakhir Grup C di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin 8 Agustus 2022.-FAM Malaysia -disway.id

YOGYAKARTA, DISWAY,ID - Pelatih tim nasional U-16 Malaysia Osmera bin Omaro kecewa berat skuadnya gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah ditahan imbang Australia dengan skor 2-2 pada laga terakhir Grup C di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin 8 Agustus 2022.

Timnas U-16 Malaysia sebenarnya akan melaju ke semifinal jika menundukkan Australia. “Ini mengecewakan, sangat mengecewakan. Kami memiliki kualitas untuk lolos ke semifinal,” ujar Osmera usai pertandingan.

Skuad muda Harimau Malaya nyaris saja melakukannya lantaran sempat unggul 2-1 hingga seperempat jam babak kedua berjalan.

BACA JUGA:Semifinal AFF U-16 2022: Bima Sakti Minta Publik Ramaikan Stadion Maguwoharjo Sleman

Namun, Australia dapat menyamakan kedudukan melalui penyerang Max Hately yang akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik laga tersebut.

Hasil imbang tak cukup membawa Malaysia ke empat besar karena pada laga Grup C lain, Myanmar mampu mengandaskan Kamboja dengan skor 1-0. 

Myanmar pun menjadi pemimpin Grup C dan mengunci tempat di semifinal.

Menurut Osmera, Malaysia sejatinya bermain dengan bagus pada laga kontra Australia dan membuat banyak peluang. Akan tetapi, mereka tak efektif di depan gawang.

BACA JUGA:AFF U-16 2022, Bima Sakti: Ingatkan Pemain Timnas Tidak Terprovokasi Hadapi Vietnam

“Andai kami bisa memaksimalkan setengah saja dari total peluang yang kami miliki, kami mungkin mampu memenangkan pertandingan ini,” tutur dia.

Osmera pun meminta para pemainnya untuk belajar dari kegagalan dan tidak mengulangi hal serupa saat berkompetisi di turnamen selanjutnya.

Kegagalan Malaysia ke fase gugur menjadi semacam tamparan sebab mereka merupakan juara bertahan Piala AFF U-16 dan sudah dua kali menjuarai kompetisi itu yakni tahun 2013 dan 2019.

Malaysia pun selalu lolos dari babak grup turnamen tersebut sejak tahun 2017. Keadaan semakin buruk untuk Malaysia setelah bek tengah mereka Adib Ibrahim harus dibawa ke rumah sakit usai pertandingan karena mengalami cedera leher dalam pertandingan versus Australia.

BACA JUGA:Piala AFF U-16, Timor Leste Pimpin Group B Geser Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antaranews.com