3.409 Jiwa Warga Gorontalo Terimbas Banjir Akibat Debit Air 4 Sungai Meluap

3.409 Jiwa Warga Gorontalo Terimbas Banjir Akibat Debit Air 4 Sungai Meluap

Personel BPBD Kabupaten Bone Bolango bersiaga dengan dukungan perlengkapan dan peralatan seperti perahu karet yang dibutuhkan untuk mengevakuasi warga, Senin 20 Maret 2022.-BPBD Kabupaten Bone Bolangos-

GORONTALO, DISWAY.ID - Dua wilayah yaitu Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango yang berada di Provinsi Gorontalo terdampak banjir sejak Sabtu malam 19 Maret 2022.

Total warga terdampak di dua kabupaten mencapai 3.409 jiwa. BPBD setempat masih melakukan pendataan dampak terkini di dua wilayah tersebut.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo mencatat 708 KK atau 2.193 jiwa terdampak akibat banjir.

BACA JUGA:953 Unit Rumah Warga Kabupaten Jember Diterjang Banjir, 150 Hektar Lahan Pertanian Rusak

Kondisi ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur pada pukul 23.34 waktu setempat atau Wita. Total populasi terdampak tersebar pada sejumlah desa di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Limboto, Limboto Barat, Tibawa dan Pulubala.

Jumlah desa dan kelurahan terdampak berjumlah 11 wilayah yaitu Kelurahan Hunggaluwa dan Kayubulan (Kecamatan Limboto), Desa Haya Haya.

Selanjutnya wilayah Yosonegoro dan Daenaa (Limboto Barat), Desa Molowahu, Tolotio, Datahu, Isimu Selatan dan Dunggala (Tibawa) serta Desa Bakti (Pulubala). 

BACA JUGA:218 Rumah di Grobogan Dikepung Banjir, Warga Blitar Tempuh Jalur Memutar Sejauh 8 Km Usai Dihantam Longsor

"BPBD masih melakukan pendataan terhadap warga yang melakukan pengungsian maupun rumah terdampak," sambung Abdul Muhari.  

Data sementara, rumah terdampak mencapai 546 unit. Saat peristiwa ini berlangsung tinggi muka air berkisar 50–100 cm setelah debit air Sungai Moloupo, Sungai Biyonga, Sungai Alo Pohu dan Sungai Molowahu meluap akibat hujan lebat. 

BACA JUGA:620 Jiwa Dipaksa Mengungsi, Banjir Rendam 2.351 Rumah Warga Kabupaten Banyumas

BPBD bersama berbagai unsur, seperti TNI, Polri, relawan dan aparat desa membantu warga melakukan evakuasi maupun kaji cepat di wilayah terdampak. 

Banjir Bone Bolango

Sementara itu, perkembangan terkini warga terdampak banjir di wilayah Bone Bolango tercatat 379 KK atau 1.216 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait