Hindari Makan Gorengan, Ini Tips Sehat dan Prima Saat Perjalanan Mudik

Hindari Makan Gorengan, Ini Tips Sehat dan Prima Saat Perjalanan Mudik

Sebanyak 340 pos kesehatan didirikan Kementerian Kesehatan di jalur mudik Lebaran 2022-Setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID-Setelah dua tahun masa pandemi, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran di tahun ini.

Sebagian masyarakat Indonesia kini tengah mempersiapkan mudik ke kampung halaman demi berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Agar tubuh tetap sehat dan bertenaga selama perjalanan, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK memberikan beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh saat mudik Lebaran. 

1. Pastikan cukup istirahat

Sehari sebelum perjalanan menuju kampung halaman, pastikan Anda dan keluarga cukup beristirahat. Sehingga jika harus mengendarai kendaraan pribadi, Anda beserta keluarga dapat dalam kondisi fit dan segar.

Sementara itu, jika Anda dan keluarga memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat mau pun kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar perjalanan terasa lebih nyaman.

Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi risiko tertular penyakit selama perjalanan.

 2. Siapkan perbekalan padat gizi dalam perjalanan

Jika Anda memilih untuk mudik saat masih dalam suasana Ramadhan, pastikan untuk tetap makan sahur dengan gizi seimbang.

Konsumsilah karbohidrat yang kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi.

Selain itu, lengkapi pula dengan protein hewani seperti ayam, daging, ikan, dan telur, juga protein nabati seperti tahu dan tempe.

Lengkapi menu sahur Anda dengan sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin C serta zinc dan kalsium.

Hindari makanan yang terlalu berlemak seperti gorengan, santan, dan pedas saat sahur. Sebab, makanan ini dapat menimbulkan kembung, begah, hingga nyeri ulu hati saat berpuasa. Sehingga perjalanan mudik pun dapat terganggu.

Pastikan pula untuk mengonsumsi air putih saat sahur. Selain itu, Anda juga bisa membawa perbekalan lain seperti buah-buahan atau susu. Sebab, susu mengandung makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh.

Sumber: