10 Makanan Kaya Nutrisi untuk Pertumbuhan Tulang Anak

10 Makanan Kaya Nutrisi untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Inilah makanan yang baik untuk pertumbuhan tulang anak-Shutterstock/Gulfnews-

JAKARTA, DISWAY.ID, Salah satu cara terbaik bagi orangtua untuk membantu anak tetap sehat dan kuat adalah memberi asupan yang kaya nutrisi untuk tulang. Anak-anak yang senang bermain, melompat-lompat dan belajar tentang dunia akan sangat terbantu dengan pertumbuhan tulang yang kuat. 

Melansir gulfnews, Berikut adalah 10 makanan yang baik untuk tulang;

1.Yoghurt

Produk susu fermentasi ini kaya akan probiotik yang mengatur penyerapan kalsium susu dan metabolisme tulang. Menurut buku "Im Yogurt in Health and Disease Prevention' Yogurt tak hanya menyediakan Kalsium tapi juga fosfor dan Kalsium yang merupakan sumber vitamin D yang baik. 

2. Susu

Sama kuatnya dengan kalsium dan vitamin D. Peneliti dan ahli diet Gail Cresci mengatakan, "Kalsium terkait dengan kesehatan tulang, tetapi vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan mempertahankan kadar kalsium dan fosfat darah yang memadai untuk memungkinkan mineralisasi tulang normal," Seperti dikutip dalam sebuah artikel oleh Cleveland Clinic yang berbasis di AS.

3. Keju

Produk susu yang satu ini juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi juga membantu dalam pembekuan darah, penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah normal. 

Nemours KidsHealth yang berbasis di AS mengatakan, "Anak-anak berusia satu hingga tiga tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari. Anak-anak berusia empat hingga delapan tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium sehari. Anak-anak dan remaja, 9 hingga 18 tahun, membutuhkan 1.300 mg kalsium sehari."

4. Brokoli

Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat; ada kalsium, vitamin C, serat dan karmpferol flavonoid. Healthline.com menjelaskan: “Brokoli adalah sumber vitamin C dan kalsium yang baik, dua nutrisi yang terkait dengan penurunan risiko penyakit periodontal [gusi]. Kaempferol, flavonoid yang ditemukan dalam brokoli, mungkin juga berperan dalam mencegah periodontitis.” Ini juga merupakan sumber vitamin K, fosfor, seng dan vitamin A dan C yang baik, yang juga diperlukan untuk kesehatan tulang.

5. Biji wijen

Makanan tambahan ini merupakan sumber kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik. Selain kesehatan tulang, biji putih kecil ini juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan; mereka penuh dengan fosfor, besi, seng, molibdenum, selenium dan vitamin B1, jelas WebMD.

6. Bawang putih

Sumber: