Hindari Pinjol, Pasangan RIDO Tawarkan Kredit Mesra untuk Warga Jakarta

Hindari Pinjol, Pasangan RIDO Tawarkan Kredit Mesra untuk Warga Jakarta

Pasangan RIDO Dukung Pilkada Tanpa Hoaks dan Politik Uang-Disway/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), meluncurkan program Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) sebagai salah satu solusi peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga Jakarta, khususnya bagi pelaku usaha ultra mikro yang belum bisa mengakses layanan perbankan konvensional.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa program ini sebelumnya telah sukses dijalankan di Jawa Barat saat dirinya menjabat sebagai Gubernur.

BACA JUGA:Kampanye RIDO Hari Ini: Ridwan Kamil Fokus Dialog Warga, Suswono Mulai dari Majelis Taklim

BACA JUGA:Awali Masa Kampanye, Paslon RIDO Akan Ziarah ke Makam Tokoh Sejarah

"Kredit Mesra itu sudah saya jalankan itu kalau dulu di jawab barat oleh bang BJB nanti oleh bang DKI. Siapa yang di sasar golongan yang gak bisa pinjam ke bank, makanya disebutnya kredit kelompok karena ia tidak punya anggunan," ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Kamis, 26 September 2024.

"Kalau pake bank konfensional kan minta anggunan kalau ini kan enggak asal berkelompok satu dua tiga empat lima kalau satu ada kendala empatnya ikut bertanggung jawab nah ini sudah di praktekkan dan berhasil," sambungnya.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk memberikan akses modal bagi golongan ekonomi ke bawah yang biasanya sulit mendapatkan pinjaman dari bank karena tidak memiliki jaminan.

BACA JUGA:Jelang Kampaye RIDO Siapkan Tim Hukum dalam Tim Pemenangan Pilgub Jakarta

BACA JUGA:Siap Jalin Komunikasi dengan Jakmania, RIDO: JIS Jadi Basecamp Persija!

Dia menegaskan, dalam Kredit Mesra, warga hanya perlu membentuk kelompok, dan jika ada satu anggota yang mengalami kendala, anggota lainnya akan turut bertanggung jawab.

"Saya sampai kemana-mana rata-rata butuh modal untuk golongan ekonomi bawah," ungkapnya.

Juru bicara pasangan RIDO, Fahlino Sjuib, menjelaskan lebih lanjut bahwa Kredit Mesra akan memberikan pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga, dengan plafon maksimal Rp5 juta dan jangka waktu 6-12 bulan.

Program ini difasilitasi melalui rumah ibadah, dan syarat utamanya adalah penerima harus menjadi bagian dari komunitas rumah ibadah serta lulus Pelatihan Kelompok Mikro (PKM).

BACA JUGA:Catat, Tim RIDO Akan Umumkan Tim Sukses Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: