Presiden Jokowi Dapat Brevet Hiu Kencana dari TNI AL

Presiden Jokowi Dapat Brevet Hiu Kencana dari TNI AL

Presiden Joko Widodo menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana --Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang digelar di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992), pada Sabtu, 28 September 2024.

Penyematan itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas dukungan pemerintahan Presiden Jokowi terhadap pengembangan dan peran penting armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Setibanya di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan melewati jajaran kehormatan, Presiden Jokowi langsung menaiki KRI RJW-992 dan menuju geladak heli di kapal tersebut, tempat berlangsungnya acara. 

BACA JUGA:Jelang 25 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Sapa Pasien dan Keluarganya di RSUD dr. Abdul Rivai

Setibanya di geladak heli, rangkaian acara dimulai dengan penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kepada Presiden Jokowi.

Brevet ini melambangkan kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap TNI AL, khususnya dalam mendukung armada kapal selam.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Penganugerahan Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha kepada KRI Nanggala-402.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lakukan Groundbreaking di IKN, Nilai Investasi hingga Rp 500 Miliar

Pasukan Pataka membawa Tunggul KRI Nanggala-402 menuju tempat penyematan dan menyerahkannya kepada Komandan Satuan Kapal Selam Komando Armada II Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal.

Bendera tunggul kemudian diarahkan kepada Presiden Jokowi untuk disematkan tanda kehormatan. Prosesi ini menjadi simbol penghargaan negara kepada kapal selam yang telah menjadi bagian sejarah penting TNI AL.

Setelah penyematan tanda kehormatan, Komandan Satuan Kapal Selam mengembalikan Tunggul KRI Nanggala-402 kepada Pasukan Pataka, menandai berakhirnya prosesi penganugerahan.

BACA JUGA:Strategi Prabowo Lanjutkan Pondasi Ekonomi Jokowi Beri Kepastian Bagi Para Investor

Presiden juga menyerahkan Patra atau plakat sebagai bentuk penghargaan kepada Komandan Satuan Kapal Selam Komando Armada II.

Acara semakin meriah dengan demo alutsista oleh TNI AL yang menampilkan berbagai kemampuan tempur. Atraksi tersebut mencakup demonstrasi Pasusla (Pasukan Khusus Laut), demonstrasi Kapal Selam Timbul Cepat, Sailing Pass dan Fly Pass, serta manuver udara Rajawali Laut Flight (RaLF).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: