Simak! Ini Pertolongan Pertama jika Alami Serangan Jantung saat Sendirian, Waspada Jangan Sampai Salah Langkah

Simak! Ini Pertolongan Pertama jika Alami Serangan Jantung saat Sendirian, Waspada Jangan Sampai Salah Langkah

Gejala sakit jantung--Pixabay/@Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Seseorang yang alami serangan jantung tentu sangat mengerikan dan bisa mengancam nyawa, terlebih lagi jika mengalami kejadian tersebut saat sendirian.

Namun anda jangan khawatir, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri bila tak ada siapapun yang mendampingi.

Dikutip dari HealthXChange, berikut sejumlah anjuran apabila mengalami serangan jantung saat seorang diri.

BACA JUGA:Kasus Ekspor Minyak Goreng, Kejari Periksa Distributor Cirebon

1. Telepon Layanan Kedaruratan

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika serangan jantung terjadi saat sedang sendirian adalah menelepon layanan kedaruratan medis. Ini penting untuk dilakukan karena serangan jantung memerlukan penanganan medis secepat demi menyelamatkan otot jantung.

2. Konsumsi Aspirin Bila tidak Alergi

Sebagian besar kasus serangan jantung disebabkan oleh adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke jantung di pembuluh darah. Kekuarangan pasokan aliran darah akan membuat otot jantung mati secara progresif.

BACA JUGA:Info Mudik, Aturan Ganjil Genap Tol Cikampek, Begini Pelihannya

Untuk meminimalisasi dampak buruk ini, aspirin bisa dikonsumsi sambil menunggu bantuan medis datang. Penggunaan aspirin saat serangan jantung dapat membantu mencegah gumpalan menjadi lebih besar.

3. Tenang

Selama menunggu bantuan medis datang, hal lain yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Coba untuk berbaring dan beristirahat selama menunggu bantuan.

4. Jangan batuk berulang 

Banyak orang berpendapat bahwa sengaja batuk dapat membantu ketika serangan jantung terjadi. Prof Chin mengatakan informasi ini keliru dan sebaiknya tak diikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: