Ini 7 Keistimewaan Beribadah di Malam Lailatul Qadar, Lebih Baik dari Salat dan Puasa 1.000 Bulan

Ini 7 Keistimewaan Beribadah di Malam Lailatul Qadar, Lebih Baik dari Salat dan Puasa 1.000 Bulan

Terdapat keistimewaan di malam Lailatul Qadar-Abuzar Xheikh-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022, banyak orang yang melupakan malam-malam di 10 hari terakhir ramadan. Inilah 7 keistimewaan beribadah di malam Lailatul Qadar.

Dikutip dari Rumaysho, seperti yang disampaikan oleh Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, ia merangkum 7 keistimewaan di malam Lailatul Qadar.

Salah satu ketujuh tersebut, di antaranya malam Lailatul Qadar merupakan pertama kalinya Allah menurunkan wahyu dan ayat kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, ada juga amalan yang dapat menghapuskan dosa yang telah lalu bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan beragam ibadah.

BACA JUGA:Kencangkan Bacaan Doa Lailatul Qadar Ini, Nanti Malam Ramadan ke-25 Loh!

Berikut penjelasannya;

Setiap muslim pasti menginginkan malam penuh kemuliaan, Lailatul Qadar. Malam ini hanya dijumpai setahun sekali. Orang yang beribadah sepanjang tahun tentu lebih mudah mendapatkan kemuliaan malam tersebut karena ibadahnya rutin dibanding dengan orang yang beribadah jarang-jarang. Edisi kali ini kita akan melihat keistimewaan Lailatul Qadar yang begitu utama dari malam lainnya.

1. Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an

Ibnu ‘Abbas dan selainnya mengatakan, “Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403). Ini sudah menunjukkan keistimewaan Lailatul Qadar.

2. Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan

Allah Ta’ala berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

BACA JUGA:Berkah Ramadan, JMSI Tebar Amal

Sumber: