Cegah Kanker Serviks, Ini 3 Jenis Vaksin untuk Anak

Cegah Kanker Serviks, Ini 3 Jenis Vaksin untuk Anak

Ilustrasi/Vaksin -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan alasan penambahan jenis vaksin tersebut untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak.

Ketiga jenis tersebut yakni PCV, Rotavirus dan HPV atau vaksin untuk mencegah kanker serviks. 

Ia mengatakan sebelumnya ada 11 jenis vaksin yang masuk program imunisasi rutin lengkap. 

Dalam 15 bulan pertama dirinya menjabat sebagai Menteri Kesehatan, ia melihat bahwa intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif itu kalau dilakukan di hulu dengan imunisasi.

Budi mengamati bahwa ada 2 problem besar di Indonesia, pertama adalah kematian ibu, dan kedua kematian anak. 

Kematian ibu di Indonesia banyak diakibatkan oleh kanker, yakni kanker serviks dan kanker payudara. Sementara kematian anak paling banyak diakibatkan oleh infeksi dan yang paling tinggi adalah diare dan pneumonia.

“Kani cek ada vaksinnya untuk ibu itu vaksin kanker serviks, (vaksin) yang untuk kanker payudara belum ada. Selanjutnya untuk mencegah pneumonia pada anak dengan menggunakan vaksin PCV dan diare ada vaksin rotavirus,” katanya pada konferensi pers Pekan Imunisasi Dunia baru-baru ini.

Mengenal 3 Jenis Vaksin Untuk Anak;

1. Vaksin PCV

Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, radang telinga yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus.

2. Vaksin Rotavirus

Vaksin ini untuk mencegah diare berat dan komplikasinya yang disebabkan oleh virus Rota.

3. Vaksin HPV

Sementara vaksin HPV untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) pada perempuan. Ketiga vaksin tersebut akan menjadi bagian dari imunisasi rutin lengkap yang dilakukan bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com