Jelang Lebaran, Puluhan Rumah di Cilegon Terendam Banjir

Jelang Lebaran, Puluhan Rumah di Cilegon Terendam Banjir

Ilustrasi/ Banjir-Pixabay-

CILEGON, DISWAY.ID- Jelang Idul Fitri 2022, Puluhan rumah di Lingkungan Kadipaten, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon terendam banjir.

Hujan deras yang terjadi selama kurang lebih delapan jam sejak pukul 17.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari, menyebabkan puluhan rumah di Lingkungan Kadipaten terendam banjir.

Diketahui, ketinggian air pada Kamis 28 April 2022, pukul 01.00 WIB dini hari mencapai 30 sentimeter. 

Selain akibat hujan dengan intensitas tinggi, air disebabkan oleh pendangkalan irigasi di Kali Grobogan yang sering terjadi penumpukan sampah, dan drainase yang buruk.

Warga lingkungan Kadipaten panik mengetahui air masuk ke rumah saat terlelap tidur.

BACA JUGA:Simpan 7 Paket Tembakau Gorila, ASN Kota Cilegon Ditangkap

Warga Lingkungan Kadipaten Abi Huzaefah mengatakan, puluhan rumah tersebut tersebar di RT 01, 03 dan 04 di RW 02. “Banjir. Air sampe masuk ke rumah warga,” kata Abi kepada Radar Banten.

Dijelaskan Abi, saat kejadian warga gotong royong membenahi aliran kali Grobogan guna memperalancar saluran air yang tersumbat.

“Kami sangat berharap dari Pemkot Cilegon melakukan upaya pembongkaran dan normalisasi Kali Grobogan,” tuturnya.

Mengetahui kejadian tersebut, Lurah Kedaleman Ashru Robi Khan merespon cepat dengan mengunjungi lokasi banjir untuk mendengar keluhan warga serta mengetahui penyebab banjir secara pasti.

“Setelah saya amati, memang ada masalah dari hulu ke hilir di aliran sungainya,” kata Ashru.

Ia berjanji, bakal segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Cilegon untuk mengatasi persoalan ini.

“Besok (hari ini-red) saya bersama pihak PU akan melihat langsung kondisi kali yang menyebabkan banjir di sini,” akunya.

Selain itu, Ashru juga sudah meminta kepada Ketua RW dan RW sebagai garda terdepan membantu tugas lurah untuk mendata warga korban banjir di Lingkungan Kadipaten. “Nanti dari kami akan bantu, tinggal konfirmasi ke RT,” pungkasnya.

Sumber: Radar Banten